Di Mana Kota Bethsaida Tempat Yesus Berjalan di Atas Air, Ini Jawaban Arkeolog

Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Tembok kota yang dibangun oleh Filipus, putra Raja Herodes, juga ditemukan di sekitar et-Tell, katanya. Fakta bahwa Filipus bersusah payah membangun tembok di sekitar situs menunjukkan bahwa itu cukup besar dan signifikan pada saat Yesus hidup.

BACA JUGA: Tidak Pakai Repot, Ini 3 Cara Mengunduh Lagu di Spotify

Namun belakangan, penemuan arkeologi lebih banyak ditemukan di situs el-Araj. Salah satu penemuan paling mengesankan di el-Araj adalah gereja besar dengan lantai mosaik yang berusia sekitar 1.500 tahun.

Para peneliti percaya sebuah teks yang ditulis oleh seorang uskup Bavaria bernama Willibald pada tahun 724 M merujuk pada gereja tersebut.

Sedangkan Robert Cargill, seorang arkeolog dan profesor Yudaisme dan Kristen di Universitas Iowa, mengatakan dia yakin bahwa el-Araj adalah Bethsaida.

"Kasus el-Araj tidak hanya meyakinkan, itu luar biasa dan menjadi lebih menarik dengan setiap musim penggalian," kata Cargill kepada Live Science melalui email.

Robert Cargill, seorang arkeolog dan profesor Yudaisme dan Kristen di Universitas Iowa sangat yakin bahwa El-Araj adalah Kota Bethsaida yang hilang. "El-Araj tidak hanya meyakinkan; itu luar biasa dan menjadi lebih menarik dengan setiap musim penggalian," kata Cargill kepada Live Science melalui email.

BACA JUGA: Empat Tips Aman Membeli Mobil Secara Kredit

Jonathan Reed, seorang profesor agama di University of La Verne di California, sependapat dengan Cargill. Reed mengatakan kalau El-Araj sangat mungkin sebagai Kota Bethsaida yang dikatakan dalam Alkitabiah.

Sedangkan David Graves, doktor dalam bidang arkeologi dari Universitas Aberdeen di Inggris dan berspesialisasi dalam arkeologi alkitabiah sangat yakin kalau Et-Tell dan El-Araj adalah kota Bethsaida.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1873 seconds (11.210#12.26)