Zombie Fire Menghantui Rusia, Salju di Delyankir Terbakar

Senin, 13 Desember 2021 - 07:03 WIB
loading...
Zombie Fire Menghantui Rusia, Salju di Delyankir Terbakar
Fenomena alam Zombie Fire telah menerjang Delyankir Rusia. FOTO/ IST
A A A
MOSCOW - Di sisa-sisa tahun 2021, Rusia masih belum merasakan musim dingin , jika biasanya di bulan Desember suhu di Rusia minus 0 derajat celcius, kini angkanya justru hangat.

Bahkan sebuah kebakaran di bawah permukaan salju terjadi di Delyankir, Rusia yang dihuni oleh setidaknya tiga penduduk baru-baru ini meskipun suhunya termasuk yang terdingin di bumi.



Fenomena alam 'zombie fire' ini bisa bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Sebuah video yang diperoleh kxan.com Minggu (12/12/2021), dan diposting di Twitter menunjukkan asap keluar dari bawah permukaan salju di Delyankir.

Kebakaran terjadi saat kebakaran dari tahun sebelumnya berkobar di bawah tanah.

Itu terjadi di daerah kaya karbon selama musim dingin dan kemudian menyala kembali di permukaan saat cuaca panas.

Api dapat terus menyala di bawah permukaan salju karena adanya banyak gas metana dan itu berarti bahwa ketika salju mencair di musim semi, api akan segera menyebar.

Kebakaran terjadi tidak jauh dari desa Khara Tumul dan pusat pemerintahan Oymyakon.

Presiden Rusia Vladimir Putin selalu enggan mengakui hubungan antara aktivitas manusia dan pemanasan global.

Pada konferensi pers tahunan akhir tahun lalu, dia kembali menegaskan bahwa “tidak ada yang tahu” penyebab perubahan iklim.

Tetapi Putin mengakui konsekuensi dari pemanasan global bisa menjadi bencana besar bagi negara yang merupakan salah satu produsen bahan bakar karbon terbesar di dunia dan seperlima dari yang tanahnya berada di dalam lingkaran Arktik.

Putin mengatakan bahwa laju pemanasan untuk Rusia 2,5 persen lebih tinggi daripada tempat lain di planet ini. Dan dia mengakui untuk negaranya, proses ini sangat serius.

Perubahan iklim adalah risiko khusus untuk wilayah Rusia di mana bangunan dibangun menjadi lapisan es dan bisa ada konsekuensi yang sangat besar jika mencair, Putin memperingatkan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2607 seconds (0.1#10.140)