Patung Bermahkota Memegang Elang Ini Diyakini Sebagai Raja Hakonsson dari Abad Ke-13

Senin, 13 Desember 2021 - 09:44 WIB
loading...
Patung Bermahkota Memegang Elang Ini Diyakini Sebagai Raja Hakonsson dari Abad Ke-13
Penemuan patung yang menggambarkan sosok bermahkota memegang burung elang diperkirakan menggambarkan Raja Hakon Hakonsson yang berkuasa di Norwegia dari tahun 1217-1263. Foto/ heritagedaily
A A A
OSLO - Penemuan patung yang menggambarkan sosok bermahkota memegang burung elang di sebuah taman Kota Tua Oslo, mengejutkan para ilmuwan dari Norwegia. Sebab, penemuan ini mewakili salah satu contoh visual paling awal elang di Skandinavia.

Sosok bermahkota memegang elang itu ditemukan saat penggalian oleh Institut Penelitian Warisan Budaya Norwegia (NIKU) di Kota Tua Oslo. Para arkeolog juga menemukan jejak bangunan, jalan, pipa air, dan sumur, selama pekerjaan persiapan untuk pembangunan taman abad pertengahan.

Arkeolog NIKU Ann-Ingeborg Floa Grindhaug yang menemukan sosok bermahkota itu awalnya mengira hanya tulang ikan besar. Namun, setelah diperiksa lebih lanjut dia melihat wajah tersenyum dari sosok dengan mahkota dan elang di lengannya. (Baca juga; 2 Patung Buddha Tertua Ditemukan di China, Terbuat dari Emas dan Tembaga )

Sosok tersebut memiliki panjang 7,5 cm dan terbuat dari bahan organik, dihias di kedua sisinya, tetapi memiliki penampang oval yang agak datar. Desain pakaian dan rambut menunjukkan bahwa itu berasal dari pertengahan abad ke-13 dan kemungkinan dibuat di sebuah bengkel di Oslo.

"Tidak ada keraguan bahwa sosok itu mengenakan mahkota di kepalanya, namun sedikit lebih sulit untuk memutuskan apakah itu seorang raja atau ratu," kata Kjartan Hauglid, sejarawan seni dan peneliti di NIKU dikutip SINDOnews dari laman heritagedaily, Senin (13/12/2021). (Baca juga; Menelusuri Jejak Islam yang Tersembunyi dari Bangunan Bersejarah Kota Madrid )

Salah satu teori paling mendekati, diperkirakan bahwa sosok tersebut menggambarkan Raja Hakon Hakonsson yang memberikan elang sebagai hadiah dan bahkan mengekspornya. Raja Hakonsson adalah raja Norwegia dari tahun 1217-1263 dan dikenal sebagai pemain utama di bidang falconry.

“Ini adalah salah satu representasi visual elang paling awal di Skandinavia, yaitu berburu dengan elang. Kami hanya mengetahui beberapa temuan serupa dengan simbol elang di Eropa Utara,” tambah Hauglid. (Baca juga; 5.500 Koin Perak Zaman Romawi Berusia 1.800 Tahun Ditemukan Tertimbun di Jerman )
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1055 seconds (10.55#12.26)