Bukan Omicron, China Pastikan Varian AY.4 Mulai Meneror

Rabu, 15 Desember 2021 - 14:03 WIB
loading...
Bukan Omicron, China Pastikan Varian AY.4 Mulai Meneror
Peneliti China mengumumkan AY.4 lebih mematikan dari varian Delta. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Tak lama WHO mengumumkan Omicron berbahaya, China melaporkan total 138 kasus penularan lokal di provinsi Zhejiang turunan varian Delta terbaru dari 'sub-garis keturunan AY.4' yang lebih menular dan mengandung lebih banyak partikel virus.

Seperti dijelaskan Zhong Nanshan, pakar penyakit pernapasan dan penasihat pemerintah China menyatan AY.4 adalah sub-garis keturunan varian Delta. Sementara Omicron adalah sel turunan strain varian C.1.2 yang merupakan mutasi dari China yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada bulan Mei lalu.



Seperti dilansir dari Wion News Rabu, (15/12/2021), lonjakan kasus mutasi AY.4 Vovid-19 berdekatan dengan Olimpiade Musim Dingin yang dijadwalkan berlangsung di Beijing pada Februari 2022 telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan otoritas China.

Menurut kantor berita Xinhua, total 138 kasus dikonfirmasi sebagai transmisi lokal varian terbaru termasuk satu kasus pembawa tanpa gejala dari 5 hingga 12 Desember.

Stasiun televisi CGTN-TV menginformasikan bahwa ini adalah pertama kalinya China melaporkan kasus yang melibatkan varian baru Delta.

Menurut pihak berwenang, dari 138 kasus yang dilaporkan di Zhejiang, total 44 kasus dilaporkan di Ningbo, 77 kasus di Shaoxing dan 17 kasus di Hangzhou.

Varian baru ditentukan berdasarkan pengurutan dan analisis seluruh urutan genom (WGS).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4685 seconds (0.1#10.140)