5 Kota Kuno Terkenal yang Sudah Lenyap, Nomor 3 Paling Mengenaskan

Rabu, 15 Desember 2021 - 21:03 WIB
loading...
5 Kota Kuno Terkenal yang Sudah Lenyap, Nomor 3 Paling Mengenaskan
Ada sejumlah kota kuno yang terkenal, namun saat ini sudah lenyap dan hanya meninggalkan bekas reruntuhan bangunan. Foto/civitatis
A A A
ADA sejumlah kota kuno yang terkenal, namun saat ini sudah lenyap dan hanya meninggalkan bekas reruntuhan bangunan . Padahal kota-kota itu pada masanya dikenal sebagai pusat seni, arsitektur, tempat tinggal raja, dan pusat pertanian yang subur selama berabad-abad.

Kota kuno itu hilang, terkadang lenyap secara misterius bak ditelan waktu. Ada juga yang lenyap mengenaskan akibat bencana letusan gunung berapi. Berikut 5 kota kuno terkenal yang sudah lenyap dirangkum laman discovermagazine;

1. Persepolis
5 Kota Kuno Terkenal yang Sudah Lenyap, Nomor 3 Paling Mengenaskan

Terletak di barat daya Iran, kota kuno Persepolis didirikan pada 518 SM oleh Darius Agung yang dikenal sebagai salah satu penguasa terpenting Dinasti Achaemenid. Sebuah mahakarya megah di tengah padang pasir, kerajaan Persia yang besar ini dibangun secara rumit menggunakan tiang-tiang ramping yang menopang langit-langit tinggi.

Terdapat patung banteng besar yang dianggap sebagai simbol dewa diukir pada baloknya. Tapi mungkin pencapaian yang paling abadi adalah sistem irigasi bawah tanahnya yang disebut qanat. (Baca juga; Nabi Muhammad SAW Terima Wahyu, Atap Istana Persia Runtuh dan Bendungan Jebol )

Sebagian besar keberhasilan kekaisaran ini, menurut para ahli, disebabkan oleh pengelolaan air yang bijaksana. Faktanya, qanat masih digunakan sampai sekarang. Tapi sayangnya, kota itu terbakar habis pada 330 SM ketika ditaklukan Alexander Agung.

2. Mesa Verde
5 Kota Kuno Terkenal yang Sudah Lenyap, Nomor 3 Paling Mengenaskan

Mesa Verde terletak di barat daya Colorado dan merupakan temuan arkeologi paling signifikan dari budaya asli Amerika Serikat (AS). Banyak ditemukan rumah-rumah tebing milik Suku Anasazi kuno yang diperkirakan dibangun pada abad ke-12. (Baca juga; Ini Fosil Buaya Modern Berusia 155 Juta Tahun, Punya 30 Gigi Tajam dan Berat 500 Kg )

Struktur dalam berbagai ukuran dari satu hingga 150 kamar, dan menampung kelompok petani ini. Mesa Verde diperkirakan berkembang antara tahun 550 dan 1281 M. Tempat tinggal dan arsitektur rumah batu yang bagus ini masih dianggap mengesankan sampai sekarang.

Pada Abad ke-14 orang-orang Anasazi meninggalkan daerah Mesa Verde, namun tidak pernah jelas alasan kepergian mereka yang tiba-tiba. Ada teori yang menduga bahwa kepergian mereka karena panen yang gagal. Teori lain menyebutkan kepergian mereka karena adanya serangan dari suku lain.

3. Pompeii
5 Kota Kuno Terkenal yang Sudah Lenyap, Nomor 3 Paling Mengenaskan

Kota Pompeii berkembang pesat di dekat Napoli, Italia. Kota Pompeii dikenal sebagai kota yang ramai, sangat kaya, dan kosmopolitan. Kondisi itu dapat terlihat dari mosaik rumit di dalam rumah-rumah penduduk Pompeii yang kaya. Para penduduk Pompeii diperkirakan ketika berlibur melakukan perjalanan ke Mesir.

Namun, pada 24 Agustus 79 Masehi, hanya dalam setengah hari Kota Pompeii musnah terkubur di bawah gas beracun dan puing-puing letusan Gunung Vesuvius. Saat ini kota Pompeii adalah salah satu situs arkeologi terpenting di dunia karena lapisan abu secara tidak langsung justru melestarikan kota dan penghuninya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)