Ini Tahun-Tahun yang Pernah Diramal Sebagai Waktu Kiamat

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:39 WIB
loading...
Ini Tahun-Tahun yang Pernah Diramal Sebagai Waktu Kiamat
Kiamat menjadi misteri yang paling membuat manusia penasaran untuk mengetahui kapan waktunya tiba. Sudah banyak ramalan sampai prediksi kapan waktu kiamat terjadi digaungkan, namun sampai detik ini belum ada satu pun yang terbukti. Foto/Britannica
A A A
KIAMAT menjadi misteri yang paling membuat manusia penasaran untuk mengetahui kapan waktunya tiba. Sudah banyak ramalan sampai prediksi kapan waktu kiamat terjadi digaungkan, namun sampai detik ini belum ada satu pun yang terbukti.

Ada yang meramalkan kehancuran dunia melalui banjir, kebakaran, dan hantaman komet, tapi tidak ada yang terjadi. Berikut sejumlah prediksi waktu atau tahun yang pernah diramal bakal kiamat dikutip SINDOnews dari laman Britannica.

Kiamat Tahun 1542, Banjir Besar Tenggelamkan Bumi
Johannes Stöffler, seorang ahli matematika dan astrolog Jerman yang disegani, meramalkan bahwa banjir besar akan menutupi dunia pada tanggal 25 Februari 1524. Ketika itu , semua planet yang diketahui akan sejajar di bawah Pisces, sebuah tanda air. (Baca juga; Surat Yasin Ayat 48-50: Kiamat Datang Mendadak, ketika Orang Masih Sibuk Urusan Dunia )

Ratusan pamflet mengumumkan banjir yang akan datang dikeluarkan dan memicu kepanikan besar. Count von Iggleheim, seorang bangsawan Jerman, membangun sebuah bahtera berlantai tiga. Meskipun turun hujan pada hari yang diprediksi, namun tidak ada banjir besar yang menggulung Bumi.

Kiamat Tahun 1666, Kebakaran Besar London
Karena Alkitab menyebut 666 sebagai angka Binatang, banyak orang Kristen di Eropa abad ke-17 takut akan akhir dunia pada tahun 1666. Kebakaran Besar London, yang berlangsung dari 2 September hingga 5 September tahun itu, menghancurkan sebagian besar kota, termasuk 87 gereja paroki dan sekitar 13.000 rumah.

Banyak yang melihat kejadian itu sebagai penggenapan dari nubuatan akhir dunia. Meskipun kebakaran menimbulkan kerusakan properti yang begitu besar, namun jumlah korban tewas dari kebakaran tersebut sangat rendah, dilaporkan hanya 10 orang, jadi bukan akhir dunia. (Baca juga; Ramalan Jayabaya Soal Kiamat, 2 Tanda-tanda Ini Sudah Terjadi di Indonesia )

Kiamat Tahun 1806, Telur Ayam dari Leeds
Pada tahun 1806, seekor ayam peliharaan di Leeds, Inggris, bikin heboh setelah bertelur dengan tulisan “Kristus akan datang.” Sejumlah besar orang dilaporkan mengunjungi ayam itu dan mulai putus asa akan Hari Penghakiman yang akan datang.

Namun, belakang diketahui bahwa pesan pada telur itu sebenarnya bukan pesan kenabian, melainkan bikinan peternak ayam itu. Dia telah menulis telur itu dengan tinta korosif dan memasukkannya kembali ke dalam tubuh ayam malang itu. (Baca juga; Ketika Einstein Bicara Tentang Kiamat, Begini Prediksinya )

Kiamat Tahun 1814, Prediksi Joanna Southcott
Joanna Southcott ketika itu berusia 42 tahun, melaporkan mendengar suara-suara yang meramalkan peristiwa masa depan, termasuk kegagalan panen dan kelaparan tahun 1799 dan 1800. Dia mulai menerbitkan bukunya sendiri dan akhirnya merekrut pengikut sebanyak 100.000 orang.

Pada tahun 1813, dia mengumumkan bahwa pada tahun berikutnya dia akan melahirkan mesias kedua, yang kedatangannya akan menandai hari-hari terakhir Bumi, meskipun ketika itu dia berusia 64 tahun, dan, seperti yang dia katakan kepada dokternya, masih perawan. Dia meninggal sebelum bayi yang diprediksinya lahir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)