Ini Tahun-Tahun yang Pernah Diramal Sebagai Waktu Kiamat

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:39 WIB
loading...
A A A
Kiamat Tahun 1843, Prediksi Millerisme
Pemimpin agama William Miller mulai berkhotbah pada tahun 1831 dan mengatakan kiamat akan terjadi dengan kedatangan Yesus Kristus untuk kedua kali pada tahun 1843. Miller menarik sebanyak 100.000 pengikut yang percaya bahwa mereka akan dibawa ke surga ketika waktu kiamat tiba.

Ketika prediksi tahun 1843 tidak terwujud, Miller menghitung ulang dan menentukan bahwa dunia benar-benar akan berakhir pada tahun 1844. Pengikut Henry Emmons menulis, “Saya menunggu sepanjang hari Selasa, dan Yesus yang terkasih tidak datang … Saya berbaring sujud selama 2 hari tanpa rasa sakit—sakit dengan kekecewaan.”

Kiamat Tahun 1910, Akibat Komet Halley
Komet Halley melewati Bumi setiap 76 tahun sekali, tetapi posisinya yang dekat ke Bumi pada tahun 1910 menciptakan ketakutan. Komet Halley disebutkan akan menghancurkan Bumi, baik dengan tabrakan langit atau melalui gas beracun yang dikabarkan dikandungnya.

Kepanikan di seluruh dunia terjadi, dipicu oleh media dan tajuk utama surat kabar seperti ”Komet Dapat Membunuh Semua Kehidupan di Bumi”. Sekelompok di Oklahoma mencoba mengorbankan seorang perawan untuk menangkal kiamat dan tabung berisi udara menjadi komoditas mahal.

Kiamat Tahun 1988, Aliran Jalan Sejati
Pemimpin agama asal Taiwan Hon-Ming Chen mendirikan Chen Tao atau Jalan Sejati. Ini merupakan, sebuah gerakan keagamaan yang memadukan unsur-unsur Kristen, Buddha, teori konspirasi UFO, dan agama rakyat Taiwan. (Baca juga; Ramalan Kiamat Nostradamus yang Ternyata Tidak Terbukti )

Chen berkhotbah bahwa Tuhan akan muncul di saluran televisi AS 18 pada tanggal 25 Maret 1988, untuk mengumumkan bahwa dia akan turun ke Bumi minggu berikutnya dalam bentuk fisik yang identik dengan Chen. Tahun berikutnya, dia meramalkan, jutaan roh iblis, bersama dengan banjir besar, akan mengakibatkan kepunahan massal populasi manusia.

Kiamat Tahun 1994, Prediksi Harold Camping
Harold Camping salah satu orang terkenal di zaman modern yang memprediksi waktu terjadinya kiamat secara terbuka. Dia sudah sebanyak 12 kali memprediksi kiamat berdasarkan interpretasinya tentang numerologi alkitabiah.

Pada tahun 1992, dia menerbitkan sebuah buku, berjudul 1994?, yang meramalkan akhir dunia sekitar tahun itu. Namun, ramalannya yang paling terkenal adalah untuk 21 Mei 2011, tanggal yang dia hitung tepat 7.000 tahun setelah air bah Alkitab. Namun, ketika tanggal itu berlalu tanpa kejadian apa pun, dia menyatakan hitungan matematikanya tidak aktif dan menunda akhir dunia hingga 21 Oktober 2011.

Kiamat 2012, Akhir Penanggalan Maya Kuno
21 Desember 2012, pernah diramalkan menjadi waktu terjadinya kiamat. Munculnya tahun 2012 sebagai waktu kiamat berawal dari kesalahan mengartikan berakhirnya siklus kalender Hitungan Panjang Suku Maya

Berbagai skenario digambarkan sebagai akhir dunia, termasuk Bumi bertabrakan dengan planet imajiner yang disebut Nibiru, semburan matahari raksasa, penyelarasan planet yang menyebabkan bencana pasang surut besar-besaran, dan penataan kembali poros Bumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)