10 Kawah Dampak Tumbukan Asteroid yang Nyaris Membuat Bumi Kiamat

Kamis, 13 Januari 2022 - 20:04 WIB

Sekarang, meteorit yang mengukir kawah Chicxulub di Semenanjung Yucatan Meksiko secara luas dianggap telah menyebabkan atau sangat berkontribusi pada kepunahan massal pada akhir Kapur 65 juta tahun yang lalu, termasuk akhir dari dinosaurus.

Beberapa ilmuwan memperkirakan kalau kawah asli Chicxulub mungkin lebih besar dari kawah Sudbury di Ontario. Perkiraan diameter aslinya berkisar hingga diameter 240 kilometer dan ukuran saat ini adalah 150 kilometer.

4. Kawah Popigai

Temuan langka terkubur di kawah Popigai Rusia: berlian. Sekitar 35 juta tahun yang lalu, sebuah meteorit menabrak endapan batu grafit yang kaya karbon di Siberia.

Tekanan serta suhu yang sangat besar mengubah karbon di kawasan itu menjadi berlian. Kawah tersebut memiliki lebar 100 kilometer dan kini menyimpan cadangan berlian yang sangat besar, menurut pemerintah Rusia.

5. Kawah Manicouagan

Kawah berisi danau pertama kami, Manicouagan di Quebec adalah salah satu kawah terbesar dan terpelihara dengan baik di planet ini. Kawah selebar 100 kilometer itu berusia sekitar 214 juta tahun.

6. Kawah Acraman