10 Kawah Dampak Tumbukan Asteroid yang Nyaris Membuat Bumi Kiamat

Kamis, 13 Januari 2022 - 20:04 WIB
Danau Acraman aslinya merupakan kawah bekas tumbukan asteroid sekitar 580 juta tahun lalu di Australia Selatan. Kawah ini berukuran diameter 90 kilometer. Dampak ejecta dari kawah dapat ditemukan di Flinders Range 300 kilometer ke timur, di antara bebatuan dengan fosil bentuk kehidupan kompleks pertama di Bumi.

7. Kawah Teluk Chesapeake

Terkubur di bawah lumpur dasar laut, Kawah Chesapeake Bay di lepas pantai Virginia diperkirakan berusia 35 juta tahun. Garis pantai barat Chesapeake Bay yang melengkung mengambil bentuknya dari kawah laut selebar 85 kilometer.

Sebuah inti pengeboran mengungkapkan petunjuk pertama bahwa kawah tumbukan besar terkubur di bawah teluk pada tahun 1983, ketika inti memunculkan lapisan ejecta dampak tumbukan setebal 20 sentimeter.

8. Kawah Morokweng

Kawah Morokweng terkubur di bawah Gurun Kalahari Afrika Selatan yang ditemukan ahli geologi melalui survei penginderaan jarak jauh. Tetapi para ilmuwan mendapat kejutan ketika mereka mengebor ke dalam kawah untuk mencari sampel batuan untuk mengkonfirmasi dampaknya.

Sisa-sisa meteorit yang menciptakan kawah ini masih berada di kedalamannya. Bor membawa kembali pecahan meteorit asli berukuran 25 sentimeter dari kedalaman 770 meter. Morokweng terbentuk 145 juta tahun yang lalu dan lebarnya mencapai 70 kilometer.

9. Kawah Kara

Kawah Kara adalah kawah terkikis berusia 70,3 juta tahun yang lalu di Semenanjung Yugorsky Rusia. Para peneliti berpikir kawah selebar 65 kilometer itu dulunya berdiameter lebih dari 120 kilometer.