Dilapisi Kulit Misterius, Pesawat Tempur F-35 dan F-117 Terlihat Seperti Cermin Terbang

Senin, 24 Januari 2022 - 08:45 WIB
loading...
Dilapisi Kulit Misterius, Pesawat Tempur F-35 dan F-117 Terlihat Seperti Cermin Terbang
Setelah dilapisi kulit misterius, pesawat tempur F-117 Angkatan Udara Amerika Serikat dan F-35C Angkatan Laut AS, bodi kedua pesawat terlihat seperti cermin ketika terbang. Foto/The War Zone
A A A
NEVADA - Setelah dilapisi kulit misterius , pesawat tempur F-117 Angkatan Udara Amerika Serikat dan F-35C Angkatan Laut AS, bodi kedua pesawat terlihat seperti cermin ketika terbang. Lapisan kulit misterius ini pernah dipakai pesawat tempur F-22 dan Model 401, tampaknya AS sedang menguji coba logam unik ini pada beberapa pesawat perangnya.

Ketika digunakan pada pesawat tempur F-117 Nighthawk dan F-35 Joint Strike Fighter, menunjukkan pemakaian lapisan kulit eksotis ini dapat berubah penampilan dari tampak seperti cermin menjadi seperti matte, bergantung pada sudut pandangnya.

Angkatan Udara AS secara resmi mempensiunkan F-117 hampir satu setengah dekade yang lalu. Pengujian lapisan kulit misterius pada pesawat siluman ini menjadi menarik, untuk mengetahui apa tujuan sebenarnya.

(Baca juga; Punya 30 Unit F-16 dengan Beragam Kamuflase, Ini Alasan AS Bangun Skadron Khusus )

Foto-foto pengujian lapisan kulit misterius pada pesawat F-117 diperoleh seorang fotografer pada pertengahan Januari ketika uji coba terbang dekat Eureka Dunes di Saline Military Operating Area (MOA) , di sisi perbatasan California dengan Nevada.

Terlihat pesawat F-117 memiliki tepi depan dan badan pesawat bagian atas serta ekor yang dilapisi bahan seperti cermin. Beberapa sudut badan pesawat bercat hitam standar dan membuat beberapa peralihan di bagian atas kepala jet.
Dilapisi Kulit Misterius, Pesawat Tempur F-35 dan F-117 Terlihat Seperti Cermin Terbang


Ini bukan pertama kalinya F-117 memakai kulit silver mirip cermin yang eksotis. Lapisan logam seperti cermin diuji pada F-117 di bawah program SENIOR SPUD. Program itu mencari cara untuk secara signifikan mengurangi deteksi inframerah pada Nighthawk.

(Baca juga; Kemampuan Jet F-16 Ini Setara Pesawat Tempur Generasi Ke-5, Apa Rahasianya )

Namun, penggunaan kulit misterius pada pesawat F-35 merupakan yang pertama kali. Ini pun baru diaplikasikan pesawat uji F-35C dari Air Test and Evaluation Squadron Nine (VX-9), milik salah satu unit uji utama Angkatan Laut dari Naval Air Weapons Station (NAWS) China Lake.

Foto pengujian lapisan kulit miterius pada pesawat VX-9 F-35C diabadikan oleh fotografer penerbangan Elijah Delgadillo, (Instagram @eli_aviation), pada 20 Januari 2022. Bidikan foto-foto ini diambil di sepanjang rute tingkat rendah Sidewinder di Taman Nasional Sequoia di California.

(Baca juga; Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia )

Belum ada keterangan resmi dari instansi terkait soal uji coba lapisan misterius pada sejumlah pesawat tempur AS. Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, lapisan kulit misterius itu diperkirakan untuk mengurangi keefektifan Sistem Pencarian dan Pelacakan Inframerah (Infrared Search and Track atau IRST). Apalagi sistem IRST saat ini begitu berkembang pesat di dunia dan digunakan banyak pesawat tempur beberapa negara.

IRST sebenarnya adalah sensor pasif, namun mampu mendeteksi pesawat berteknologi siluman, seperti F-22 Raptor, F-117, dan F-35. Jelas ini menjadi tantangan berat bagi pesawat berteknologi siluman, apalagi perangkat IRST sudah diintegrasikan dalam sistem tempur pesawat lawan. IRST pun sudah mulai banyak diaplikasikan pada pesawat tak berawak atau drone tempur.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)