Begini Cara Kuda Nil Mengusir Musuhnya, Bikin Jijik Tapi Ampuh

Selasa, 25 Januari 2022 - 17:11 WIB
Begini Cara Kuda Nil Mengusir Musuhnya, Bikin Jijik Tapi Ampuh
Kuda Nil ternyata punya cara yang tidak biasa untuk mengusir musuh atau Kuda Nil lain yang masuk ke dalam wilayahnya. Foto/Cnet
MOPUTO - Kuda Nil ternyata punya cara yang tidak biasa untuk mengusir musuh atau Kuda Nil lain yang masuk ke dalam wilayahnya. Cara ini memang terdengar menjijikan , namun cukup efektif mengusir Kuda Nil asing yang hendak mengganggu.

Kuda Nil ternyata akan menyemprotkan kotoran ketika mendengar suara Kuda Nil asing yang masuk wilayahnya. Kuda Nil dikenal mampu buang air besar secara intens setelah mendengar panggilan Kuda Nil yang tidak dikenal.

Itu mungkin terdengar menjijikan, tapi ampuh mengusir Kuda Nil asing atau individu lain di wilayahnya. Sebenarnya, itu cara yang sudah dikenal dari Kuda Nil untuk menandai ruang atau wilayah mereka.

(Baca juga; Penemuan Situs Green Arabia, Arkeolog Temukan Sisa Danau Purba dan Tulang Kuda Nil )

Namun, cara itu ternyata digunakan untuk mengusir individu asing. Apalagi Kuda Nil dikenal agresif dan para pejantan terkadang terlibat dalam pertempuran untuk mempertahankan wilayahnya.

(Baca juga; 2 Kuda Nil di Kebun Binatang Belgia Positif COVID-19 )

Rahasia ini diketahui dari hasil penelitian di Cagar Alam Khusus Maputo, Mozambik yang dikenal sebagai rumah bagi sejumlah kelompok Kuda Nil yang tinggal di danau yang berbeda. Hasil penelitian diterbitkan dalam jurnal Current Biology pada Senin 24 Januari 2022 dan dalam portal berita Science Media Exchange cara ini disebut "Tornado Poo".

"Kami menemukan bahwa suara individu asing menginduksi respons perilaku yang lebih kuat individu dari kelompok yang sama atau bertetangga," kata Nicolas Mathevon, peneliti dari University of Saint-Etienne, Prancis dikutip SINDOnews dari laman cnet, Selasa (25/1/2022).

Studi ini dapat membantu ilmuwan ketika hendak memindahkan Kuda Nil ke tempat lain sebagai upaya pelestarian. Apalagi Kuda Nil terdaftar sebagai hewan yang rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam IUCN, dengan status konservasi hewan dan tumbuhan.