NASA Gelar Sayembara Berhadiah Rp14,3 Miliar, Mau Tahu Apa?

Rabu, 26 Januari 2022 - 11:21 WIB
loading...
NASA Gelar Sayembara Berhadiah Rp14,3 Miliar, Mau Tahu Apa?
Astronot NASA sedang melakukan eksperimen menanam cabai di stasiun luar angkasa untuk mengatasi kesulitan makanan dalam misi di bulan dan Mars. Foto/NASA
WASHINGTON - Menjelang misi ke bulan, NASA masih belum menemukan cara yang tepat untuk menopang kehidupan, terutama makanan bergizi bagi astronot. Untuk memenuhi kebutuhan ini, NASA menawarkan hadiah hingga USD1 juta atau setara Rp14,3 miliar bagi yang punya solusi masalah ini.

Dilansir Express, Rabu (26/1/2022), Badan Antariksa Kanada dan NASA telah menyiapkan hadiah besar bagi orang-orang atau lembaga yang mengetahui cara memberi makan astronot makanan bergizi di luar angkasa selama misi beberapa tahun.

Menurut situs web mereka: “Misi awal bulan akan dimulai dengan menggunakan sistem makanan yang dikemas serupa dengan yang digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hari ini."

Namun memperpanjang durasi misi bulan membutuhkan pengurangan ketergantungan pasokan di Bumi sampai sistem makanan siap.



BACA: NASA Berambisi Bangun Pangkalan Luar Angkasa di Bulan

“Menguji sistem berkelanjutan di bulan yang memenuhi kebutuhan kru adalah langkah mendasar untuk keberlanjutan misi di Mars," kata NASA .

Selain ambisi antarbintang, proyek ini juga akan mengatasi kerawanan pangan, masalah kronis yang mempengaruhi sebagian besar Bumi.

NASA telah lama bergulat dengan masalah makanan dalam ekspedisi luar angkasa multi-tahun. Karena makanan kehilangan nilai gizinya dari waktu ke waktu, makanan kemasan yang khas tidak akan cukup.

Jim Reuter, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Teknologi Luar Angkasa NASA mengatakan, memberi makan astronot dalam waktu lama dalam batasan perjalanan ruang angkasa akan membutuhkan solusi inovatif.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA