Viral, Rekaman Ular Sanca Menelan Seekor Impala Bulat-bulat

Jum'at, 28 Januari 2022 - 11:53 WIB
loading...
A A A


Ular menggunakan satu sisi giginya yang menghadap ke belakang untuk mencengkeram makanan sambil memutar kepalanya untuk menggerakkan sisi lain di sepanjang tubuh. Bukan pukulan atau penyempitan yang membunuh mangsa; itu asam lambung, kata Johnston. Bagian dalam perut ular hampir murni asam klorida. “Kami memiliki perut dengan pH 4 atau 5, tetapi ular sanca memiliki pH 1,” katanya.

Asam kuat tidak hanya membunuh mangsa dengan melarutkannya tetapi juga melindungi ular. Setelah makan dalam jumlah besar, ular piton berlomba melawan pembusukan. Ia harus mencerna makanannya sepenuhnya sebelum mulai membusuk. Jika mangsa membusuk sebelum dicerna, gas beracun dapat menumpuk di saluran pencernaan, kemungkinan membunuh ular.

Setelah ular piton menelan mangsanya, biasanya bersembunyi di tempat yang aman untuk mencerna makanan. Jika makanannya seukuran impala, mungkin butuh waktu berbulan-bulan sebelum ular itu lapar lagi. Selama waktu ini, ular piton rentan terhadap serangan, jika menghadapi kondisi itu dia segera memuntahkan seluruh tubuh mangsanya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)