Selain Dayak, Inilah Suku-suku yang Sangat Disegani Tradisinya

Minggu, 30 Januari 2022 - 21:19 WIB
loading...
Selain Dayak, Inilah Suku-suku yang Sangat Disegani Tradisinya
Tradisi Mandau terbang tradisi berburu Suku Dayak. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Suku Dayak tengah mencuat usai ucapan Edi Mulyadi yang dinilai melecehkan Suku Dayak. Suku Dayak sendiri terkenal dengan budaya dan tradisinya yang sangat beragam, perlu dicatat Dayak nerupaka suku tertua di Indonesia yang memiliki beragam budaya.

Tak hanya Dayak, Indonesia sendiri memliki Semua suku memiliki kelebihan dan tradisinya masing-masing tak terkecuali soal rumah adat.



Berikut suku-suku dengan tradisi yang dihormati di Indonesia.

1. Suku Wajak

Suku ini menduduki posisi pertama dalam urutan suku tertua di Indonesia. Suku ini menidami wilayah yang ada di Kota Tulungagung yang ada di Jawa Timur. Namun, keberadaan suku ini sudah hilang dan tidak ada yang mengetahui suku ini dengan jelas. Bahkan sejarah dan seluk beluk suku ini juga tidak jelas sama sekali.

2. Suku Kerinci

Suku ini juga merupakan suku tertua di dunia yang hidup hingga saat ini. Pasalnya, suku yang mendiami wilayah Sumatra Selatan di wilayah dataran tinggi Gunung Kerinci ini sudah ada sebelum Suku Inka dan Indian mendiami Benua Amerika.

3. Suku Badui

Suku ini mendiami wilayah yang ada di Banten. Menurut cerita yang tersiar di sekitar masyarakat, suku ini wajib menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Dalam kesehariannya, Suku Badui tidak pernah mengenakan alas kaki saat beraktivitas di luar rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2281 seconds (0.1#10.140)