Ilmuwan Sukses Tanam Implan untuk Sembuhkan Cidera Tulang Belakang

Selasa, 08 Februari 2022 - 10:02 WIB
loading...
Ilmuwan Sukses Tanam Implan untuk Sembuhkan Cidera Tulang Belakang
Ahli bedah saraf di Rumah Sakit Universitas Lausanne, Swiss berhasil melakukan percobaan dengan menanam implan untuk menyembuhkan cidera tulang belakang. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ahli bedah saraf di Rumah Sakit Universitas Lausanne, Swiss berhasil melakukan percobaan dengan menanam implan untuk menyembuhkan cidera tulang belakang.

Dilansir Science Alert, Selasa (8/2/2022), uji coba dilakukan terhadap tiga penderita kelumpuhan, salah satunya adalah Michel Roccati yang mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh piggang ke bawah usai kecelakaan sepeda motor pada 2017.

Implan yang ditanamkan mengirimkan pulsa listrik ke otot-otot tulang belakang, meniru kerja otak. "Itu adalah pengalaman yang sangat emosional," kata Roccati kepada wartawan tentang pertama kali pulsa listrik diaktifkan dan dia mulai berjalan.



Roccati adalah satu dari tiga pasien yang terlibat dalam penelitian yang diterbitkan Senin di jurnal Nature Medicine, semuanya tidak dapat menggerakkan tubuh bagian bawah mereka setelah kecelakaan.

Tetapi ketiganya dapat mengambil langkah segera setelah implan enam sentimeter dimasukkan dan denyut nadinya disetel dengan baik. "Elektroda ini lebih panjang dan lebih besar dari yang sebelumnya kami tanamkan, dan kami dapat mengakses lebih banyak otot berkat teknologi baru ini," kata Jocelyne Bloch, ahli bedah saraf di Rumah Sakit Universitas Lausanne yang membantu memimpin percobaan.

Langkah-langkah awal itu, meski menakjubkan bagi para peneliti dan pasien mereka, sulit dan membutuhkan batang penyangga dan kekuatan tubuh bagian atas yang signifikan.



Tetapi pasien dapat segera memulai rehabilitasi, dan dalam waktu empat bulan Roccati dapat berjalan hanya dengan kerangka keseimbangan. Roccati sekarang mampu berdiri selama dua jam dan dia berjalan hampir satu kilometer tanpa istirahat.

Sejauh ini, implan hanya cocok untuk mereka yang mengalami cedera di atas sumsum tulang belakang toraks bagian bawah, yaitu bagian yang membentang dari pangkal leher hingga perut, karena membutuhkan enam sentimeter sumsum tulang belakang yang sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)