Tak Perlu Panik, Ini Penjelasan Kenapa Terjadi Hujan Es di Indonesia

Selasa, 22 Februari 2022 - 10:38 WIB
loading...
Tak Perlu Panik, Ini Penjelasan Kenapa Terjadi Hujan Es di Indonesia
Fenomena hujan es kembali terjadi di Indonesia, kali ini dialami sejumlah wilayah di Surabaya. Foto/INews TV/Rahmat Ilyasan
A A A
JAKARTA - Fenomena hujan es kembali terjadi di Indonesia, kali ini dialami sejumlah wilayah di Surabaya, Bekasi, Lampung dan beberapa daerah lainnya yang didahului denga hujan lebat.

Mengenai fenomena langka ini, ilmuwan memperkirakan kalau ini terjadi karena suhu saat ini memiliki kelembapan yang sangat tinggi.

Melansir laman Teknik Lingkungan Adhi Tama Institute of Technologi (ITATS), ada beberapa faktor yang menyebabkan hujan es, di antaranya, tersedianya energi potensial di udara, kelembaban udara yang cukup tinggi, serta udara lembab tersebut berada di bawah udara kering.



Hujan es sendiri bisa terjadi di Indonesia karena wilayah ini memiliki kelembaban yang cukup tinggi, meskipun beriklim tropis. Hujan es juga bisa terjadi karena munculnya tumpukan awan cumulonimbus. Kemunculan awan tersebut merupakan bagian dari siklus hidrologi.



Energi panas yang dipancarkan matahari dapat membuat air laut mengalami penguapan. Uap air itu lalu naik ke atmosfer dan membentuk awan kemudian pada ketinggian tertentu akan mencapai suhu yang sangat dingin.

Awan cumulonimbus terbentuk dari awan-awan kecil yang berkumpul dan berubah menjadi tumpukan awan yang tebal karena hembusan angin. Tumpukan awan tersebut berisi air, es dan muatan listrik berupa petir.



Lantaran suhu yang dingin, butiran es cumulonimbus tidak mencair secara sempurna. Butiran es ini jatuh ke permukaan bumi hingga kemudian disebut sebagai hujan es.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4778 seconds (0.1#10.140)