9 Jenis Buaya yang Ada di Indonesia, Nomor 7 Suka Memangsa Manusia

Jum'at, 25 Februari 2022 - 15:15 WIB
loading...
9 Jenis Buaya yang Ada di Indonesia, Nomor 7 Suka Memangsa Manusia
Buaya salah satu predator paling menakutkan yang menguasai sejumlah sungai di Indonesia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Buaya salah satu predator paling menakutkan yang menguasai sejumlah sungai di Indonesia. Diketahui ada sekitar 9 jenis buaya yang tersebar di beberapa pulau dan satu diantaranya sering memangsa manusia.

Alam Indonesia memiliki beragam fauna yang menetap di daera tertentu, salah satunya adalah buaya. Kemampuan binatang ini sungguh luar biasa, buaya mampu berenang ke dasar air seperti muara, rawa dan sebagainya sambil menunggu mangsanya.

Jika mereka mendengar suara, mereka akan siap menerkam dan berburu ke arah suara itu. Biasanya buaya akan menyergap mangsanya yang sedang minum di sungai.

Penyebaran buaya di Indonesia sangat besar, daerah yang biasa dijadikan tempat hidup seperti di darat, muara, rawa, dan laut. Berikut 9 jenis buaya yang hidup di Indonesia yang dikutip dari Facts of Indonesia:



1. Buaya Muara

Buaya muara adalah spesies buaya terbesar, terpanjang, dan paling ganas di dunia. Buaya muara juga memiliki habitat persebaran yang sangat luas dibandingkan dengan jenis buaya lainnya.

Buaya muara dapat ditemukan dari Teluk Benggala (India, Sri Lanka dan Bangladesh) hingga Kepulauan Fiji. Indonesia merupakan habitat favorit buaya muara selain Australia.



Dengan adanya iklim di Indonesia membuat buaya muara tumbuh subur dengan baik, dan juga populasi makanan yang lebih dari cukup membuat buaya mudah untuk mencari makan. Ukuran buaya muara bisa mencapai 7-8 meter dengan berat 200 kilogram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)