9 Jenis Buaya yang Ada di Indonesia, Nomor 7 Suka Memangsa Manusia

Jum'at, 25 Februari 2022 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Buaya ini biasanya hidup di hulu hingga ke laut, sehingga banyak yang mengatakan bahwa buaya itu sama dengan buaya laut. Karena hidupnya bisa beradaptasi dimana saja. Maka dari itu pentingnya hewan langka bagi Indonesia yang wajib anda ketahui.

2. Buaya Air Tawar

Seperti namanya, buaya siam memang berasal dari Siam. Selain di Indonesia, buaya siam juga dapat ditemukan di Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Di Indonesia, buaya buaya hanya terdapat di Jawa dan Kalimantan. Buaya ini memiliki ukuran yang cukup kecil, hanya sampai 2 meter dan telurnya akan menetas dalam waktu 80 hari. Populasinya saat ini cukup banyak sehingga menjadikan termasuk hewan yang cukup ditakuti.

3. Buaya Papua

Jenis buaya selanjutnya yang ada di Indonesia hanya terdapat di Pulau Papua Indonesia dan negara Papua Nugini. Bentuk tubuh buaya yang hidup di air tawar menyerupai buaya muara, hanya saja lebih kecil dan warnanya lebih hitam. Sisik buaya Papua juga lebih besar, dibandingkan dengan sisik buaya lainnya.



Ukuran tubuh buaya jantan bisa mencapai 3,3 meter, sedangkan ukuran tubuh buaya betina hanya 2,6 meter. Buaya Ian bisa hidup di air asin. Namun, mereka jarang ditemukan di perairan asin atau payau.

4. Buaya Kalimantan

Buaya Kalimantan memiliki ciri-ciri yang mirip dengan buaya muara. Artinya, ukurannya bisa mencapai 7 hingga 8 meter dan beratnya sekitar 200 kilogram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)