10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Selasa, 07 Desember 2021 - 20:01 WIB
loading...
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa
Sejumlah pesawat dirancang dengan ukuran besar bak monster agar mampu mengangkut beban besar. Foto/aeromagazine
PESAWAT memiliki keunggulan dalam kecepatan dan mampu memangkas jarak dengan kemampuan manuver di udara. Untuk memaksimalkan kemampuan itu, sejumlah pesawat dirancang dengan ukuran besar bak monster agar mampu mengangkut beban besar.

Ada sejumlah pesawat berukuran bak monster, dengan panjang bodi melebihi ukuran kolam renang olimpiade, tinggi setara bangunan 5 lantai, dan bobot melebihi berat dari tank. Pesawat ini memiliki sayap lebih panjang dari lapangan sepak bola dan disematkan enam mesin.

Berikut daftar 10 pesawat berukuran bak monster yang mendominasi di udara dikutip SINDOnews dari laman popular mechanic;

1. Antonov An-225 Mriya
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Antonov An-225 adalah pesawat terbesar dan terberat di dunia. Biro Desain Antonov hanya membangun satu unit pesawat kargo monster ini. Antonov merancangnya untuk membawa pesawat luar angkasa Buran (pesawat ulang-alik versi Soviet) serta pendorong roket Energia. Namun, pesawat bertugas membawa kargo berukuran besar maksimum 710 ton saat lepas landas.



Antonov An-225 memegang rekor untuk total muatan udara di 559.580 pound (253,8 ton) dan muatan barang tunggal yang diangkut di 418.830 pound (189,9 ton). Ini memiliki rentang sayap terpanjang yaitu 88,4 meter dan dibekali enam mesin. (Baca juga; Diupgrade Pakai Avionik Flight2, Kokpit Pesawat C-130 Hercules TNI AU Jadi Serba Digital )

2. Aero Spacelines Super Guppy
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Super Guppy pertama dibangun dari pesawat Boeing C-97 Stratofreighter, yang pertama kali terbang pada tahun 1965. Pesawat kargo turboprop ini sebagian besar digantikan oleh Airbus Beluga untuk pengiriman kargo besar.

Namun, NASA masih mengoperasikan Super Guppy karena dinilai ideal untuk mengangkut pesawat ruang angkasa dan komponen roket. Saat ini hanya ada satu unit Super Guppy yang dioperasikan oleh NASA. (Baca juga; Bakal Perkuat TNI AU, Ini Perbandingan Airbus A400M dengan Hercules C-130 )

3. C-5 Galaxy Lockheed
10 Pesawat Terbesar Bak Monster yang Mendominasi Angkasa

Dengan kapasitas angkut hampir 135 ton, C-5 Galaxy adalah pesawat terbesar yang secara rutin dioperasikan oleh militer AS. C-5 memiliki ruang kargo yang cukup untuk membawa dua tank M1 Abrams, 16 Humvee, tiga Black Hawk, atau berbagai kendaraan lainnya. (Baca juga; Angkatan Udara Inggris Sukses Terbangkan Pesawat Gunakan Bahan Bakar Sintetis )

Tanpa kargo, C-5 Galaxy dapat terbang hingga 7.000 mil tanpa pengisian bahan bakar. Ini menjadikannya pengangkut udara militer jarak jauh di dunia. Ini sangat mendukung operasional Angkatan Udara AS untuk mengangkut barang secara cepat.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA