Dilengkapi 2 Rudal Canggih, Mobil Militer Pasukan Khusus Ceko Makin Gahar

Kamis, 03 Maret 2022 - 16:53 WIB
loading...
Dilengkapi 2 Rudal Canggih, Mobil Militer Pasukan Khusus Ceko Makin Gahar
Kendaraan militer untuk pasukan khusus Angkatan Bersenjata Ceko punya penampilan yang gagah. Foto/BulgarianMilitary/Soldat&Techik
A A A
BERLIN - Kendaraan militer untuk pasukan khusus Angkatan Bersenjata Ceko punya penampilan yang gagah. Kesan gahar semakin kuat setelah dilengkapi modular peluncur roket di bagian atasnya.

Kendaraan militer yang diberi nama Enok AB, singkatan dari Airborne, ditunjukkan dalam pameran internasional untuk badan pertahanan Enforce TAC 2022 awal Maret 2022. Kendaraan khusus ini menggunaan sasis Mercedes-Benz dari G 461 dan G 464 dan dilengkapi peluncur untuk 2 rudal kecil Enforcer atau Kleinflugkörper (KPK) Enforcer.

Desain modular peluncur roket ini dibingkai lapisan aluminium untuk menjaga mobil tetap ringan, kokoh, sederhana, terukur, dan hemat biaya. Dikutip dari BulgarianMilitary.com, dalam pameran Enforce TAC ada 2 varian peluru kendali kecil yang ditunjukkan produsennya, MBDA.

Baca juga; Kapal Perang Nuklir Terbesar Rusia Rampung Diperbaiki, Dibekali 8 Rudal Hipersonik Tsirkon

MBDA mengatakan bahwa sistem senjata peluncur rudal mini ini memiliki akurasi yang tepat dan mudah dioperasikan. Melalui produk ini, MBDA mencoba memberikan opsi tambahan untuk amunisi multi-peran.

Dengan tabung peluncuran hanya memiliki berat 9 kg, KFK Enforcer dirancang terutama untuk operasi tempur di lingkungan perkotaan. Seluruh sistem senjata memiliki berat hingga 20 kg dan memiliki arsitektur modular.
Dilengkapi 2 Rudal Canggih, Mobil Militer Pasukan Khusus Ceko Makin Gahar


Meskipun 2 rudal KPK Enforcer dikendalikan dengan sistem Lock-on sebelum peluncuran [LOBL]. Kemudian secara presisi rudal diluncurkan dengan sistem “Fire and Forget”. Setiap rudal dilengkapi dengan hulu ledak Multi-efek.

Baca juga; Amerika Serikat Temukan Cara Unik Lumpuhkan Rudal Hipersonik Musuh

Sistem senjata kaliber 89mm ini cukup ringan dan dapat digunakan kapan pun, siang atau malam. Roket ini memiliki jangkauan antara 50 hingga 2.000 meter dan efektif terhadap target statis dan bergerak (kecepatan 50 km/jam). Rudal juga dapat menyerang target lapis baja yang sangat kecil, serta infrastruktur ringan.

Dikutip dari laman whichcar, sasis yang digunakan Mercedes-Benz seri W464 baru merupakan varian dari G-Class 2022. Varian ini hanya tersedia untuk instansi pemerintah dan militer "untuk penyelamatan dan operasi khusus".
Dilengkapi 2 Rudal Canggih, Mobil Militer Pasukan Khusus Ceko Makin Gahar


Seri W464 G350d baru menawarkan kemampuan on-dan off-road yang lebih besar, dan memberikan lebih banyak tenaga dari mesin 3.0-liter turbo-diesel straight-six.

Seri W464 baru menggunakan transmisi otomatis delapan kecepatan dan menghasilkan 183kW dan 600Nm. Peningkatan daya sebesar 35 persen dan peningkatan torsi sebesar 50 persen.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1184 seconds (10.101#12.26)