Eksodus Warga Ukraina Berpotensi Membuat Penyebaran Covid-19 Tak Terkendali

Sabtu, 05 Maret 2022 - 15:05 WIB
loading...
Eksodus Warga Ukraina Berpotensi Membuat Penyebaran Covid-19 Tak Terkendali
Penyebaran Covid-19 yang tidak terkendali membuat WHO cemas. Foto: Reuters
A A A
UKRAINA - Konflik Rusia-Ukraina yang masih berlangsung hingga sekarang menimbulkan masalah baru dalam hal penanganan Covid-19.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan dan tak terkendali di Ukraina.

”Tingkat pengujian yang rendah memungkinkan terjadinya lonjakan kasus yang tak terkendali di Ukraina. Lonjakan kasus ini terjadi selama konflik Rusia-Ukraina,” kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilaporkan Fox News, Sabtu (5/3).

Terlebih, data WHO menunjukkan bahwa cakupan vaksinasi di Ukraina juga masih minim. Ini semakin memperjelas adanya kedaruratan Covid-19 di negara tersebut.

WHO pun mengkhawatirkan terjadinya lonjakan kasus di beberapa negara akibat perpindahan secara besar-besaran masyarakat Ukraina yang mencari perlindungan ke negara lain. Menurut WHO, itu memberi tekanan pada sistem kesehatan negara tetangga.

”Karena tekanan yang terjadi akibat konflik, warga sipil akan mencari perlindungan ke negara tetangga dan ini memungkinkan masalah kesehatan berpindah ke negara lain,” jelas dr. Michael Ryan, direktur eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO.

Karena hal tersebut, dr Ryan cukup yakin bahwa dalam waktu dekat ini akan terjadi peningkatan kasus Covid-19 di negara-negara tersebut.



Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 1 juta orang telah meninggalkan Ukraina hanya dalam waktu tujuh hari.

”Saya telah bekerja dalam keadaan darurat pengungsi selama hampir 40 tahun, dan jarang saya melihat eksodus secepat ini,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3074 seconds (0.1#10.140)