Ungkap Pembentukan Alam Semesta, Teleskop James Webb Pelajari Quasar Super Terang

Senin, 07 Maret 2022 - 15:07 WIB
Quasar bersinar sangat terang sehingga menutupi galaksi tempat benda-benda antariksa berada. Foto/Space.com/NOIRLab/NSF/AURA
Teleskop Luar Angkasa James Webb meneliti peran objek terang yang disebut quasar untuk mengungkap evolusi pembentukan awal galaksi. Quasar bersinar sangat terang sehingga menutupi galaksi tempat benda-benda antariksa berada.

Quasar yang ditenagai lubang hitam merupakan objek yang letaknya jauh dan berukuran satu miliar kali lebih besar dari matahari. Quasar memancarkan energi yang bisa naik ke triliunan elektron volt, melebihi output total semua bintang di galaksi biasa.

Para ilmuwan menggunakan Teleskop James Webb untuk memeriksa bagian apa yang dimainkan quasar dalam evolusi galaksi selama masa-masa awal ini. Para peneliti juga akan menggunakan quasar untuk mempelajari gas di ruang antar galaksi di alam semesta.

Setelah Teleskop James Webb menyelesaikan periode commissioning musim panas ini, teleskop akan ditugaskan dengan beberapa program quasar. Posisi bertengger Teleskop Webb di luar angkasa yang ideal, ditambah kepekaannya ekstrem terhadap cahaya rendah dan resolusi tinggi, akan membuat serangkaian pengamatan yang paling detail dari objek-objek yang sulit dipahami ini.

Teleskop James Webb akan melihat enam quasar paling jauh dan bercahaya untuk menempatkan objek-objek ini dalam garis waktu evolusi galaksi. Quasar juga akan digunakan untuk melihat distribusi gas antar galaksi.

Para ilmuwan tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang periode yang dikenal sebagai zaman reionisasi. Zaman ini terjadi 13 miliar tahun yang lalu, atau kurang dari satu miliar tahun setelah alam semesta terbentuk.

Galaksi-galaksi pada zaman itu sebagian besar tidak tembus cahaya energik dan objek-objek tersebut sulit untuk diamati. "Tim akan menggunakan quasar sebagai sumber cahaya latar belakang untuk mempelajari gas antara kami dan quasar," kata pejabat Webb tentang teknik teleskop untuk menyelidiki zona buram dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (7/3/2022).

Teleskop James Webb diharapkan akan melihat cahaya yang cukup dari quasar untuk mencari unsur-unsur yang lebih berat dari hidrogen atau helium, unsur-unsur yang disebut "logam" oleh para astronom. "Unsur-unsur ini terbentuk di bintang-bintang pertama dan galaksi-galaksi pertama dan dikeluarkan oleh arus keluar," kata pejabat Webb.

Aliran keluar adalah item lain dalam agenda Webb, untuk lebih memahami bagaimana gas yang dihasilkan oleh lubang hitam supermasif yang tertanam di galaksi mendorong dan memanaskan gas di sekitarnya. Arus keluar bisa menjadi sangat kuat sehingga menciptakan kekacauan di galaksi induk dan sangat mempengaruhi evolusi galaksi.

"Kami ingin mengamati quasar ini pada saat mereka memiliki dampak terbesar pada galaksi tuan rumah mereka," Chris Willott, ilmuwan proyek Webb Badan Antariksa Kanada, mengatakan dalam pernyataan yang sama. Willott juga seorang ilmuwan peneliti di Herzberg Astronomy and Astrophysics Research Center dari National Research Council of Canada di British Columbia.