Nuklir Digunakan di Perang Rusia Ukraina, Ini Efek Radiasi yang Bisa Sebabkan Mutasi Genetik

Selasa, 08 Maret 2022 - 07:27 WIB
Perang nuklir menjadi ancaman serius di tengah konflik yang sedang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Foto/Reuters
JAKARTA - Radiasi nuklir sangatlah berbahaya bagi tubuh dan kesehatan manusia. Seseorang yang terkena paparan radiasi nuklir dapat mengubah genetiknya hingga mengalami kecacatan.

Belakangan ini, perang nuklir menjadi ancaman serius di tengah masyarakat ketika konflik yang sedang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Rusia mengancam akan menggunakan senjata nuklir apabila negara lain ikut campur dalam urusannya dengan Ukraina.

Hal tersebut tentu membuat dunia khawatir, karena penggunaan senjata nuklir akan memberikan dampak radiasi nuklir tidak hanya terhadap militer, namun juga bagi warga sipil.

Secara pengertian, radiasi nuklir merupakan keadaan ketika energi yang dilepas oleh elemen radioaktif dan terurai menjadi atom yang lebih stabil. Dalam hal ini, radiasi nuklir sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia dan bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh dan berbagai penyakit kanker.

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ryukyu di Okinawa setelah kecelakaan di reaktor nuklir Fukushima, radiasi nuklir juga berdampak pada mutasi gen terhadap makhluk hidup yang terpapar radiasi.

Dalam penelitian tersebut, kupu-kupu menjadi salah satu binatang yang terkena dampak mutasi genetik akibat radiasi nuklir.

Hasil penelitian menyatakan bahwa perubahan gen terjadi ketika kupu-kupu masih berbentuk larva setelah kecelakaan reaktor Fukushima pada 2011 lalu.