Arkeolog Temukan Alat Pertanian dan Perhiasan Emas di Situs Srigading Malang

Selasa, 08 Maret 2022 - 10:04 WIB
loading...
A A A


"Kita menemukan di sudut timur laut, itu ada kepala angsa, yang sayang sekali kita hanya menemukan penggalan kepala dan lehernya terpotong. Tapi kita sementara ini diidentifikasi dia sebagai angsa yang terbuat dari bahan terakota," tuturnya.

Menurut Wicaksono, temuan terbanyak justru berada di sisi ruang tengah candi . Temuan mulai lingga patok yang diidentifikasikan sebagai bagian ratna atap candi yang runtuh, yang berada di barat laut dan bagian tengah.

Model lingga patok ini biasanya jadi penanda kompleks atau kawasan. Tapi kita menemukan ini dalam runtuhan sehingga model lingga patok ini, kemudian sementara ini kita identifikasi merupakan bagian dari ratna atap yang runtuh di sisi barat.

Dirinya menambahkan, bagian tengah juga ditemukan benda artefak yang ada di setiap sudut sumuran. Pertama ditemukan di sisi barat daya, berupa bokor dengan tempat dengan kaki, dalam posisi miring.

Sementara di sisi sudut barat laut, pihaknya menemukan tiga tempat menyerupai bejana yang ditemukan di setiap sudut. Dimana satu wadah yang ditemukan diidentifikasikan sebagai semacam Periuk. Kemudian dua buah wadah yang memiliki cerat, yang menyerupai bentuk teko, tapi ada handel pada bagian tutupnya.



"Kemarin kita menemukan tiga buah alat yang terbuat dari besi, yang kita bisa identifikasi sebagai beliung, blencong, dan calok. Ditemukan berjejer di sudut tenggara," ungkapnya.

Sementara temuan terakhir yang ditemukan tim BPCB diidentifikasi sebagai tempayan yang ditemukan di sisi utara sumuran candi. Di dalam tempat itu ditemukan temuan lain seperti tembikar wadah dari tembaga.

"Hari ini kita menemukan satu lagi wadah mungkin kita identifikasi sebagai tempayan yang dalam posisi gepeng. Di dalam tempayan itu, ada temuan lain, tembikar dan satu buah wadah dari tembaga," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)