15 Fakta Quokka Hewan Paling Bahagia yang Mengorbankan Anaknya untuk Menyambung Hidup

Rabu, 16 Maret 2022 - 14:11 WIB
8. Mereka terkenal dengan selfie

Banyak quokka tidak terlalu takut pada orang. Karena banyaknya pengunjung di habitatnya, quokka telah beradaptasi dengan interaksi manusia dan akan mendekati orang untuk mencari makanan. Mereka bahkan cukup dekat bagi pengunjung untuk berfoto selfie dengan mereka.

9. Dilarang menyentuhnya Meskipun penampilannya ramah

Quokka diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan oleh IUCN, yang mengarah pada peraturan seputar habitat dan kontak manusia mereka. Quokka mampu menimbulkan gigitan parah dan menularkan salmonella. Menyentuh atau melukai quokka akan didenda besar dari pemerintah Australia.

10. Mereka hidup di habitat mikro dan lebih menyukai habitat tertentu

Kebakaran hutan, pemangsa, dan perusakan habitat telah mengurangi luas area yang dapat menopang populasi quokka. Populasi yang tersisa mendiami daerah kecil yang terlokalisasi di rawa-rawa dan hutan. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa populasi quokka menunjukkan preferensi habitat dan akan menghuni daerah yang tidak disukai quokka lainnya, seperti jenis rawa-rawa tertentu.

11. Beberapa bersifat teritorial

Quokka bersifat teritorial tergantung di mana mereka tinggal. Pejantan yang tinggal di daratan Australia akan mempertahankan wilayahnya dari pejantan lain. Betina yang tinggal di Pulau Rottnest, bagaimanapun, telah diamati hidup dalam kelompok yang tumpang tindih dan bahkan berbagi tempat berteduh di siang hari.

12. Mereka bertahan hidup dengan menyimpan lemak di ekornya

Quokka memiliki ekor panjang dan tebal yang mengandung simpanan lemak. Selama periode kekeringan atau ketersediaan makanan rendah, simpanan lemak ini dapat dipecah untuk menopang quokka sampai sumber makanan lain ditemukan.