Kamis, 17 Maret 2022 - 20:31 WIB
8 Tumbuhan Paling Langka di Dunia, Nomor 3 dari Indonesia
Suatu jenis tumbuhan disebut langka apabila jenis tersebut sulit dijumpai, baik secara alami karena jumlahnya sedikit di alam. Foto/jardineriaon
JAKARTA - Tumbuhan paling langka di dunia dapat diartikan sebagai bagian dari sumber daya alam yang tidak ternilai harganya dan mempunyai populasi yang kecil. Banyak jenis tumbuhan yang mulai langka akibat ekosistem sudah beralih fungsi menjadi kawasan industri, perkebunan, pertanian, dan permukiman.

Suatu jenis tumbuhan disebut langka apabila jenis tersebut sulit dijumpai, baik secara alami karena jumlahnya sedikit di alam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tanaman paling langka di dunia.

1. Nepenthes Tenax
8 Tumbuhan Paling Langka di Dunia, Nomor 3 dari Indonesia

Nepenthes Tenax merupakan salah satu tumbuhan paling langka di dunia yang wujudnya terlihat aneh. Tumbuhan satu ini memiliki sedikit kemiripan dengan tanaman kantong semar, namun dia tumbuh hingga ketinggian 100 cm dengan bunga berbentuk kantong di bagian atas, dan memiliki tinggi 15 cm.

Nepenthes Tenax ini adalah tanaman dataran rendah Australia yang sangat langka dan berasal dari Queensland utara. Namun sayang, tumbuhan ini kini menjadi bagian dari spesies terancam punah di dunia.

2. Pennantia Baylisiana
Pennantia Baylisiana sudah sangat sulit dijumpai di dunia. Uniknya, tanaman ini cukup kontroversial karena memiliki begitu banyak krisis gender. Beberapa ilmuwan mencoba membuktikan apakah itu genesis betina atau jantan. Tak hanya itu, tanaman ini memiliki proses penuaan yang lambat, artinya dibutuhkan waktu hampir 10 tahun penuh untuk menjadi tumbuh sepenuhnya.

3. Rafflesia Arnoldii
8 Tumbuhan Paling Langka di Dunia, Nomor 3 dari Indonesia

Rafflesia Arnoldii dikenal sebagai bunga terbesar di dunia dan termasuk tanaman bangkai. Nama tersebut diberikan kepada tanaman ini karena bau busuknya yang mirip dengan bangkai. Berbeda dari bunga pada umumnya, Rafflesia Arnoldii ini justru baunya tak sedap. Nah, tumbuhan paling langka di dunia ini juga dapat ditemukan di hutan hujan lebat di Indonesia seperti Sumatra dan Bengkulu.