Suara Mengerikan Pohon Terbesar di Dunia Berhasil Direkam Ilmuwan

Selasa, 10 September 2024 - 07:20 WIB
loading...
Suara Mengerikan Pohon...
Pohon Terbesar di Dunia . FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Sekarang kita dapat mendengar salah satu organisme hidup terbesar dan tertua di Bumi berbisik dengan getaran sejuta daun yang bergema melalui akarnya.



Hutan yang terdiri dari satu pohon, dikenal sebagai Pando ("Saya menyebar" dalam bahasa Latin), terdiri dari 47.000 batang (semuanya dengan DNA yang sama) yang tumbuh dari sistem akar bersama di lebih dari 100 hektar (40 hektar) di Utah.

Pohon aspen gemetar (Populus tremuloides) ini, dengan satu batang jantan yang menonjol, secara bertahap berkembang menjadi makhluk hidup seberat 6.000 metrik ton, menjadikannya organisme hidup terbesar di dunia dalam hal massa.

Setelah mungkin 12.000 tahun hidup di Bumi, tanaman besar ini, yang batangnya menjulang hingga 24 meter (80 kaki), pasti punya banyak hal untuk dikatakan. Dan rekaman yang dirilis tahun ini memungkinkan kita "mendengarnya" seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Temuan ini menggiurkan,” kata Lance Oditt, pendiri Friends of Pando, saat proyek tersebut diluncurkan pada tahun 2023.

"Meskipun awalnya merupakan seni, kami melihat potensi yang sangat besar untuk digunakan dalam sains. Angin, yang diubah menjadi getaran (suara) dan bergerak melalui sistem akar, juga dapat mengungkap cara kerja internal sistem hidrolik Pando yang luas dan tersembunyi dengan cara yang tidak merusak."

Seniman suara Jeff Rice secara eksperimental menempatkan hidrofon di dalam lubang di pangkal dahan dan menyambungkannya ke akar pohon, tanpa berharap akan mendengar banyak hal.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)