Dihantam Gelombang Panas Bersamaan, Suhu di Kutub Utara dan Selatan Meroket

Rabu, 23 Maret 2022 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Para ilmuwan sangat terkejut dengan gelombang panas di Antartika karena suhu di sana tetap lebih stabil secara keseluruhan dibandingkan dengan Kutub Utara. Menurut laporan yang diterbitkan pada tahun 2021 oleh Program Pemantauan dan Penilaian Arktik, suhu di sana memanas tiga kali lebih cepat daripada bagian planet lainnya.



Gelombang panas Antartika kemungkinan besar merupakan hasil dari sungai atmosfer, koridor sempit uap air yang bergerak di langit. Kelembapan kemungkinan bergerak di atas Antartika dan kemudian terperangkap oleh "kubah panas", atau sistem tekanan tinggi di dekatnya, yang mengunci kelembapan di tempatnya selama hampir seminggu dan memanaskan udara.
Dihantam Gelombang Panas Bersamaan, Suhu di Kutub Utara dan Selatan Meroket


"Kelembapan ini adalah alasan mengapa suhu menjadi begitu tinggi. Kemungkinan daerah tertentu di Antartika yang biasanya tidak mencair mungkin mengalami pencairan untuk pertama kalinya karena gelombang panas," Jonathan Wille, seorang ahli meteorologi kutub di Universitas Grenobles Alpes di Prancis, kepada The Washington Post.

Gelombang panas di Arktik tidak terlalu mengejutkan: Sebuah penelitian yang diterbitkan 6 Desember 2021, dalam jurnal Geophysical Research Letters, mengungkapkan bahwa gelombang panas Arktik menjadi lebih sering, bertahan lama, dan meluas. Fenomena cuaca ekstrem individu sulit dikaitkan secara langsung dengan perubahan iklim.

Namun, para ahli memperkirakan bahwa peristiwa seperti itu akan menjadi lebih sering dan ekstrem di masa depan jika emisi gas rumah kaca saat ini tidak dikurangi secara drastis. "Pemanasan Kutub Utara dan Antartika menimbulkan kekhawatiran," kata Michael Mann, ahli iklim di The Pennsylvania State University, mengatakan kepada The Wali.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)