Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini

Selasa, 29 Maret 2022 - 17:11 WIB
loading...
Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini
Setiap negara saat ini berupaya mengembangkan senjata moderen. Kazakhstan bahkan sudah memiliki senjata moderen berbentuk drone. Foto/DOK.1945
A A A
JAKARTA - Teknologi di dunia terus mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas dari tahun ke tahun. Terutama, teknologi terkait senjata yang menjadi pertahanan militer tiap negara. Negara-negara di dunia berlomba-lomba menghasilkan teknologi senjata canggih.

Setiap negara bahkan mengeluarkan dana yang sangat besar untuk riset dan pengembangan teknologi senjata. Tidak heran jika negara-negara adikuasa memiliki koleksi senjata masa kini yang sangat canggih, taktis sekaligus mematikan.



Hanya saja meski setiap negara telah berhasil membuat senjata moderen yang sangat canggih, tetap saja bentuk dasarnya memiliki kesamaan yang kuat. Nah, berikut adalah 5 teknologi senjata mumpuni yang ada di masa kini.

1. Senjata Laser
Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini


Laser adalah senjata modern yang pertama kali ditemukan dan dikembangkan pada 1960-an. Adalah Theodore Maiman, seorang ilmuwan dari Hughes Research Lab Malibu yang menemukannya. Melansir laporan yang dipublikasi oleh Defense Technical Information Centre berjudul ‘History of Weapon Laser Research’, pengembangan laser menjadi hal yang cukup mengembirakan bagi dunia militer dan menciptakan cara pandang baru dalam berperang.

Seiring perkembangan waktu, senjata laser semakin canggih dikembangkan sebagai senjata militer. Para ilmuwan di Lockheed Martin, misalnya, menciptakan senjata laser yang dihasilkan dari serat optik. Senjata ini juga mampu membidik target dari jarak lebih dari 1 mil dengan kekuatan 60 kilowatt.

2. Rudal Hipersonik
Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini


Rudal ini dikembangkan untuk yang pertama kalinya pada 1990 oleh Uni Soviet. Usai Soviet runtuh pada 1991, pengembangannya dilanjutkan oleh Rusia. Salah satu jenis rudal hipersonik yang sangat terkenal milik Rusia adalah Kh-47M2 Kinzhal.

Rudal ini masuk dalam deretan senjata canggih Rusia yang diluncurkan pada 2018. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa senjata ini sangat ideal. Sebab, bisa langsung diluncurkan dari pesawat tempur MiG 31. BBC menyebut, ada rudal canggih lain yakni Zirkon dan Avangard yang memiliki jangkauan serta kecepatan yang lebih baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)