Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini

Selasa, 29 Maret 2022 - 17:11 WIB
loading...
A A A
3. Senjata Nuklir
Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini


Jenis senjata paling berbahaya yang pernah ada di dunia adalah senjata nuklir . Senjata ini dirancang untuk melepaskan energi secara eksplosif dan berdampak sangat parah. Salah satunya adalah bom nuklir. Ilmuwan yang menciptakan bom nuklir adalah J. Robert Oppenheimer dari AS bersama rekan-rekannya yang bekerja dalam proyek the Manhattan Project, sekitar tahun 1939.

Proyek itu dikerjakan usai Albert Einstein menyurati Presiden AS Franklin Roosevelt dan menyatakan kekhawatirannya. Einstein mencemaskan kesanggupan para ilmuwan di bawah perintah Adolf Hitler yang sudah mampu membelah atom uranium. Artinya, hanya butuh satu tahap lagi untuk bisa menciptakan bom nukklir.

Setelah bom nuklir dijatuhkan tentara AS ke Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada 1945, Oppenheimer mengaku sangat menyesali penemuannya itu. Sebab, karena dialah 120 ribu orang tak bersalah tewas akibat serangan udara ganas itu. Rasa sesal juga mendera ilmuwan lain yang tergabung dalam proyek bersama Oppenheimer. Mereka sampai mempertanyakan, apa yang sebenarnya sudah mereka lakukan.



4. Tank
Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini


Tank juga masuk dalam daftar senjata canggih modern yang sangat tangguh di medan tempur. Melansir History, seorang kolonel tentara Inggris bernama Ernest Swinton dan Sekretaris Komite Pertahanan William Hankey mengajukan gagasan untuk menciptakan kendaraan lapis baja yang mampu menembus musuh dan berjalan di medan sulit sekalipun.

Gagasan itu mereka perjuangkan pada 1914, hingga akhirnya mampu terwujud pada tahun berikutnya. Prototipe tank pertama bernama Little Willie resmi diluncurkan pada September 1915.

Kini tank masih menjadi senjata andalan di medan perang. K2 Black Panther, misalnya. Tank canggih milik Korea Selatan ini dinobatkan sebagai tank termahal di dunia dengan harga mencapai Rp122 miliar per unit. Tank K2 Black Panther bisa dimiringkan ke berbagai arah dan menggunakan meriam smoothbore 12 milimeter. Kekuatan mesinnya pun setara dengan 1.500 ekor kuda.

5. Drone
Deretan Teknologi Senjata Canggih Masa Kini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3919 seconds (0.1#10.140)