Koin Kuno Bergambar Charlemagne, Kaisar Romawi dari Aachen Jerman yang Berleher Pendek

Minggu, 03 April 2022 - 09:44 WIB
loading...
A A A
Para ahli di museum Aachen telah menentukan bahwa koin seberat 1,5 gram ini kemungkinan dicetak di Aachen. Kota ini sangat penting, karena di sanalah Charlemagne lahir dan kemudian meninggal. Namun tanggal pembuatannya tidak jelas. Setelah dinobatkan sebagai kaisar Romawi, Charlemagne tidak langsung menggunakan gelar "Kaisar Augustus" yang terdapat pada koin tersebut.

"Meskipun dia sudah dinobatkan pada tahun 800, dia tidak menggunakan gelar itu [sampai] 812. Itu ada hubungannya dengan diplomatiknya dengan Bizantium," kata Pohle.



Akhirnya, pada tahun 812, Kekaisaran Bizantium mengakui kekuasaan Kaisar Charlemagne, jadi dia mulai menggunakan gelar yang terdapat pada koin tersebut, menjadikannya sebagai tanggal yang memungkinkan untuk pencetakan koin, kata Pileki. Koin itu juga bisa dicetak pada tahun 813, ketika putra Charlemagne, Louis yang Saleh, diangkat sebagai rekan-kaisar dan membuat mata uang serupa.

"Charlemagne sakit selama tiga hingga empat tahun terakhir hidupnya, yaitu sekitar tahun 810-814. Dia hanya memiliki satu putra yang tersisa, yang dia tunjuk sebagai kaisar pada tahun 813. Satu teori adalah bahwa koin potret dibuat pada tahun terakhir hidupnya,” ungkap Marjanko Pileki, seorang ahli numismatis dan asisten peneliti di Kabinet Koin Yayasan Schloss Friedenstein Gotha di Jerman.

Sulit untuk memperkirakan berapa nilai koin ini pada saat itu. "Jumlah peraknya cukup rendah, tetapi jika Anda memiliki 12 hingga 20 dinar, Anda mungkin bisa membeli seekor sapi,” tambah Pohle.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2698 seconds (0.1#10.140)