Ini Hewan yang Bisa Melihat dalam Gelap, Nomor 6 Paling Ditakuti Perempuan

Kamis, 07 April 2022 - 20:02 WIB
loading...
Ini Hewan yang Bisa Melihat dalam Gelap, Nomor 6 Paling Ditakuti Perempuan
Burung hantu adalah salah satu hewan yang bisa melihat dalam gelap dan aktif pada malam hari untuk berburu. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Banyak hewan yang bisa melihat dalam gelap, mereka aktif hampir secara eksklusif dalam kegelapan dengan mengandalkan penglihatan malam yang baik untuk berburu dan tetap aman dari pemangsa.

Faktanya, bagi banyak hewan nokturnal atau yang aktif di malam hari, penglihatan mereka jauh lebih baik daripada di siang hari.

Untuk membantu mereka bertahan hidup di kegelapan malam, hewan-hewan ini memiliki mata yang berbeda dengan mata manusia.

Hewan yang bisa melihat dalam gelap memiliki mata yang lebih besar daripada manusia, dan pupil mereka cenderung terbuka lebih lebar untuk membiarkan lebih banyak cahaya.

Selain fitur ini, banyak hewan yang bisa melihat dalam gelap memiliki lapisan di belakang retina mereka yang disebut tapetum, yang reflektif dan mengirimkan cahaya kembali ke retina.



Hewan nokturnal juga memiliki lebih banyak sel batang di matanya dibandingkan dengan manusia dan hewan lain yang aktif di siang hari. Sel batang ini berfungsi sebagai reseptor cahaya, mendeteksi gerakan dan informasi visual lainnya.

Tentu saja, hewan nokturnal tidak hanya mengandalkan penglihatan yang tajam. Banyak dari hewan ini juga memiliki indra yang tajam termasuk pendengaran dan penciuman.

Ini untuk membantu mereka berburu dan bepergian dalam kegelapan. Dilansir dari Wild Life in Former, berikut hewan yang bisa melihat dalam gelap:

1. Burung Hantu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)