Koper Nuklir Rusia 'Cheget' dan Cara Meluncurkannya

Senin, 11 April 2022 - 20:24 WIB
loading...
Koper Nuklir Rusia Cheget dan Cara Meluncurkannya
Sebuah tas kecil, yang dikenal sebagai Cheget, disimpan di dekat presiden, yang setiap saat menghubungkannya dengan jaringan komando dan kendali pasukan nuklir strategis Rusia. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan orang terakhir untuk memutuskan melakukan serangan nuklir terhadap target musuh. Meski demikian, ada serangkaian rantai komando untuk melakukan peluncuran senjata nuklir.

Sebuah dokumen tahun 2020 yang disebut "Prinsip Dasar Kebijakan Negara Federasi Rusia tentang Pencegahan Nuklir" mengatakan bahwa presiden Rusia mengambil keputusan untuk menggunakan senjata nuklir. Sebuah tas kecil, yang dikenal sebagai Cheget, disimpan di dekat presiden, yang setiap saat menghubungkannya dengan jaringan komando dan kendali pasukan nuklir strategis Rusia.

Cheget tidak memiliki tombol peluncuran nuklir melainkan mengirimkan perintah peluncuran ke komando militer pusat Staf Umum. Staf Umum Rusia memiliki akses ke kode peluncuran dan memiliki dua metode peluncuran hulu ledak nuklir.



Itu dapat mengirim kode otorisasi ke komandan senjata individu, yang kemudian akan menjalankan prosedur peluncuran. Ada juga sistem cadangan, yang dikenal sebagai Perimetri, yang memungkinkan Staf Umum untuk secara langsung memulai peluncuran rudal darat, melewati semua pos komando langsung.

Ketika Putin mengatakan bahwa kekuatan nuklir negara itu harus disiagakan, itu merupakan ungkapan tugas tempur yang ditingkatkan. Pavel Podvig, seorang peneliti senior di Institut Penelitian Perlucutan Senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa, mengatakan di Twitter bahwa perintah itu mungkin telah mengaktifkan sistem komando dan kontrol nuklir Rusia.

Perintah ini pada dasarnya membuka saluran komunikasi untuk setiap perintah peluncuran. Atau, kata Podvig, itu mungkin berarti Rusia menambahkan staf ke fasilitas nuklir mereka.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)