Inilah 5 Hewan Paling Tahan Dingin di Rusia

Selasa, 19 April 2022 - 12:45 WIB
loading...
Inilah 5 Hewan Paling Tahan Dingin di Rusia
Hewan paling tahan dingin memiliki bulu tebal dan lemak untuk membuat mereka bertahan dalam suhu ekstrem. Foto: ist
A A A
RUSIA - Ada hewan-hewan tertentu yang mampu bertahan di lingkungan yang sangat ekstrem. Salah satunya, Rusia. Di sebagian wilayah di Rusia, suhunya bisa sangat dingin.

Yakutsk, misalnya, merupakan kota paling dingin di dunia dengan suhu terdingin pernah mencapai minus 71 derajat Celcius. Tapi, tetap saja ada hewan tertentu yang tahan dingin dan bisa baik-baik saja di suhu yang sangat ekstrem. Apa saja?

1. Beruang kutub
Inilah 5 Hewan Paling Tahan Dingin di Rusia

Beruang kutub tinggal dijuluki sebagai carnivora terbesar. Di Rusia, beruang kutub berkeliaran di hamparan es untuk mencari mangsanya. Yakni anjing laut. Ukuran tubuhnya memang besar, mencapai 350 hingga 600 kilogram.

Nah, berbeda dengan beruang coklat, beruang kutub hampir tidak pernah hibernasi. Seekor beruang kutub dapat berenang hingga 80 km di air laut yang sedingin es non stop.

2. Walrus
Inilah 5 Hewan Paling Tahan Dingin di Rusia

Walrus merupakan salah satu hewan mamalia terbesar di Rusia. Juga, terbesar di kelompok pinnipeds (kaki sirip). Tubuh walrus yang besar dan lembek, ini ditutupi kulit cokelat dan rambut pendek kecuali wajah dan kaki sirip. Walrus juga mempunyai mata kecil, kumis, dan sepasang gading.

Bobot walrus dewasa bisa mencapai seberat 1.500 kilogram dan panjangnya 3,2 meter. Cara Warlus melindungi diri dari air dingin, lewat lapisan lemak yang disebut blubber. Sekaligus, jadi cadangan makanan.

Di Rusia, jenis Warlus yang hidup adalah Warlus bergigi pedang. Mereka bisa mengambang bahkan tidur di dalam air. Adapun gigi pedang berguna untuk melindungi predator seperti beruang kutub dan paus.

3. Anjing laut cincin
Inilah 5 Hewan Paling Tahan Dingin di Rusia

Anjing laut cincin memiliki ukuran cukup besar. Panjangnya bisa mencapai 85 cm hingga 160 cm, dengan berat 50 kg-90 kg. Anjing laut ini memiliki warna sedikit terang dengan motif cincin di sekujur tubuhnya.

Anjing laut cincin menghabiskan sebagian waktunya berada di dalam air. Mereka bisa tidur di air, juga memiliki kemampuan menyelam luar biasa. Termasuk, berenang dengan cepat dan mengenali kondisi bawah laut yang menyerupai labirin. Seekor anjing laut dewasa bisa memakan hingga 1.000 kg ikan per tahunnya.

4. Kuda Yakut
Inilah 5 Hewan Paling Tahan Dingin di Rusia

Kuda Yakut merupakan ras kuda langka dari wilayah Republik Sakha (atau Yakutia) di Siberia. Ukurannya cukup besar dibanding kuda serupa seperti kuda mongolia dan kuda przewalski.

Kuda yakut dikenal dapat beradaptasi dengan iklim yang sangat dingin di Yakutia. Mereka bisa mencari dan memakan tumbuhan tersembunyi di bawah lapisan salju, juga bertahan di suhu yang mencapai minus 70 Celcius.



5. Sapi Yakut
Inilah 5 Hewan Paling Tahan Dingin di Rusia

Sapi Yakut ukurannya sangat mungil. Tingginya hanya 120 cm, juga sangat berbulu. Sapi ini bisa beradaptasi dengan suhu yang sangat ekstrem. Yang unik, ada sebuah video viral yang menunjukkan bagaimana sapi Yakut ini mengenakan bra yang dirancang untuk menyimpan susunya. Karena, jika tidak, susu yang dihasilkan akan beku.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0812 seconds (0.1#10.140)