Gawat, Dua Bintik Besar Baru di Matahari Bisa Melahap Bumi

Rabu, 20 April 2022 - 22:04 WIB
loading...
Gawat, Dua Bintik Besar Baru di Matahari Bisa Melahap Bumi
Dua kumpulan besar bintik matahari telah muncul di permukaan matahari dan mengisyaratkan peningkatan badai yang berpotensi merusak. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dua kumpulan bintik besar telah muncul di permukaan matahari dan mengisyaratkan peningkatan badai yang berpotensi merusak semburan matahari selama beberapa bulan mendatang. Beberapa bintik matahari ini sangat besar sehingga mereka bisa menelan seluruh bumi.

Dikenal sebagai "daerah aktif" 2993 dan 2994 (AR2993 dan AR2994), kelompok bintik matahari baru tampaknya diikuti oleh kelompok bintik matahari ketiga yang tampaknya telah menyebabkan suar matahari yang kuat ke Bumi beberapa hari yang lalu.

Dilansir Live Science, Rabu (20/4/2022), kumpulan bintik matahari ini mencakup area seluas ratusan juta mil persegi, ini artinya jauh lebih besar dari diameter Bumi.

Mereka disebabkan oleh gangguan magnetik dari fotosfer matahari yang terlihat, yang memperlihatkan lapisan yang relatif lebih dingin di bawahnya.

BACA : Badai Matahari Terjang Bumi, Frekuensi Radio di Rusia Lumpuh

"Saya yakin kita akan melihat [wilayah aktif] yang lebih besar selama beberapa tahun ke depan," kata fisikawan matahari Dean Pesnell dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

Pesnell mengatakan siklus saat ini diperkirakan akan mencapai aktivitas maksimumnya pada akhir 2024 atau awal 2025. Energi dari daerah aktif dapat dilepaskan sebagai radiasi (solar flare) dan coronal mass ejections (CMEs), yang merupakan bola plasma super panas.

Suar matahari dan CME semacam itu dapat menciptakan aurora yang indah — tetapi juga dapat menimbulkan bahaya bagi jaringan listrik, satelit, jaringan komunikasi, dan bahkan berpotensi bagi penjelajah ruang angkasa di luar perlindungan medan magnet Bumi.

Pesnell, yang merupakan ilmuwan proyek untuk Solar Dynamics Observatory NASA, mengatakan bahwa suar kelas X1.1 yang kuat yang terdeteksi pada hari Minggu 17 April 2022 sekarang tampaknya berasal dari kelompok bintik matahari ketiga yang berputar di belakang AR2993 dan AR2994 ke piringan yang terlihat dari Matahari.

BACA JUGA : Cara Mencari Grup di Telegram, Gampang Banget
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1483 seconds (10.101#12.26)