Pterosaurus Diperkirakan Memiliki Bulu Warna Warni, Berevolusi Jauh Sebelum Terbang

Kamis, 21 April 2022 - 11:16 WIB
loading...
Pterosaurus Diperkirakan Memiliki Bulu Warna Warni, Berevolusi Jauh Sebelum Terbang
Pterosaurus, reptil terbang yang menjelajahi langit jutaan tahun yang lalu, diperkirakan memiliki bulu warna-warni. Foto/newscientist
A A A
DUBLIN - Pterosaurus , reptil terbang yang menjelajahi langit jutaan tahun yang lalu, diperkirakan memiliki bulu warna-warni . Bulu dengan warna berbeda itu ditemukan pada fosil tengkorak pterosaurus, mengisyaratkan bahwa nenek moyang reptil bersayap ini memiliki bulu jauh lebih awal dari perkiraan.

Sebelumnya diketahui beberapa dinosaurus yang merupakan sepupu pterosaurus, memiliki bulu seperti ini. Namun, penemuan bulu dengan warna berbeda pada pterosaurus menunjukkan bahwa bulu itu muncul sekitar 100 juta tahun lebih awal dari yang diperkirakan para peneliti sebelumnya, bahkan lebih awal dari vertebrata terbang.

Maria McNamara dari University College Cork di Irlandia menemukan bulu yang diawetkan pada fosil tengkorak pterosaurus parsial yang disimpan dalam koleksi pribadi dan awalnya digali di Brasil. Spesimen dari spesies khusus ini, Tupandactylus imperator, memiliki jambul yang menonjol di kepala; bulu pada tengkorak ini ditemukan di kedua sisi lambang.



Para peneliti menemukan dua jenis bulu, monofilamen seperti kumis dan bulu bercabang yang lebih kompleks. Ketika diperiksa di bawah mikroskop, setiap jenis bulu mengandung jenis melanosom yang berbeda, potongan-potongan kecil sel yang mensintesis dan menyimpan pigmen melanin.

“Monofilamen memiliki melanosom berbentuk sosis yang memanjang ini, tetapi bulu bercabang memiliki melanosom yang lebih gemuk dan gemuk ini. Bentuk melanosom benar-benar terkait erat dengan kimianya dan dengan demikian warnanya,” kata McNamara dikutip SINDOnews dari laman newscientist, Kamis (21/4/2022).

Dengan membandingkan melanosom ini dengan yang ditemukan pada hewan berbulu modern, para peneliti menentukan bahwa monofilamen berbulu mungkin berwarna hitam atau coklat tua. Sedangkan bulu bercabang yang lebih halus mungkin berwarna coklat lebih terang.



“Warna spesifik tidak terlalu penting dari pengertian evolusi; yang penting adalah mereka memiliki warna yang berbeda. Ini mungkin berarti bahwa kemampuan untuk memberikan warna adalah sesuatu yang benar-benar kuno dan terkait dengan perkembangan bulu,” ujar McNamara
Pterosaurus Diperkirakan Memiliki Bulu Warna Warni, Berevolusi Jauh Sebelum Terbang


Karena pterosaurus dan beberapa dinosaurus memiliki bulu yang beraneka warna, bulu-bulu tersebut kemungkinan diturunkan dari nenek moyang yang sama pada periode Trias awal, sekitar 250 juta tahun yang lalu. “Temuan ini menunjukkan bahwa bulu muncul jauh sebelum terbang, dan tentunya untuk isolasi atau sinyal,” kata Michael Benton di University of Bristol, Inggris.

Jika bulunya berwarna sama, mereka mungkin hanya digunakan untuk insulasi atau menahan panas. Namun, penemuan beberapa warna menunjukkan mungkin digunakan untuk memberi isyarat, mungkin untuk kamuflase atau menarik pasangan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)