Dinosaurus Punya Kemampuan Kamuflase Rumit, Ini Rahasia Perubahan Warnanya

Senin, 25 April 2022 - 13:20 WIB
Dinosaurus lain yang disebut Sinosauropteryx, dinosaurus pertama yang ditemukan dengan bulu, memiliki ekor bergaris dan topeng bandit, seperti rakun. Itu juga memiliki countershading, semacam kamuflase alami di mana bagian-bagian hewan yang biasanya berada dalam bayangan memiliki pigmen yang lebih terang daripada bagian-bagian yang biasanya berada di bawah sinar matahari.
Dinosaurus Punya Kemampuan Kamuflase Rumit, Ini Rahasia Perubahan Warnanya

Contoh klasiknya adalah rusa berekor putih (Odocoileus virginianus), yang memiliki perut putih dan punggung berwarna cokelat. Pewarnaan ini memberi tahu para ilmuwan tentang habitat makhluk itu; jika countershading tajam dan tinggi pada tubuh, seperti di Sinosauropteryx, hewan itu mungkin hidup di tempat terbuka.

Countershading yang lebih bertahap dan rendah pada tubuh menunjukkan lingkungan hutan di mana cahaya lebih menyebar. Kamuflase juga membedakan pemangsa dari mangsa. Dinosaurus lapis baja besar Borealopelta markmitchelli tampaknya tidak memiliki predator, tetapi bayangannya menunjukkan sebaliknya.

“Jika Anda melihat hewan besar hari ini, mereka tidak memiliki pola warna, seperti gajah [dan] badak. Dan itu karena tidak ada yang mengganggu mereka,” kata Vinther.