Inilah 5 Gurun Paling Berbahaya di Dunia, No 3 Disebut Lembah Kekelaman

Sabtu, 30 April 2022 - 20:57 WIB
loading...
Inilah 5 Gurun Paling Berbahaya di Dunia, No 3 Disebut Lembah Kekelaman
Gurun paling berbahaya di dunia terbentang mulai dari Amerika, Tunisia, hingga Iran. Foto: ist
A A A
IRAN - Gurun paling berbahaya di dunia begitu panas atau begitu dingin hingga manusia sulit bertahan dalam jangka waktu lama.

Jika kita mendengar kata gurun, tentu yang ada di pikiran adalah hamparan padang pasir luas dan cuaca ekstrim: panas di siang hari dan dingin di malam hari. Dari kondisi itu saja sudah memperlihatkan seberapa bahayanya wilayah tersebut. Nah, bagaimana dengan gurun paling berbahaya di dunia?

Gurun adalah wilayah di dataran bumi yang mempunyai curah hujan sangat sedikit (yakni kurang dari 250 mm per tahun), memiliki udara sangat kering, dan karena itulah hampir tidak ada tumbuhan atau makhluk hidup yang mampu hidup di gurun.

Beberapa tanaman yang bisa hidup di gurun hanya beberapa jenis saja. Yakni, tanaman yang bisa bertahan dengan sangat sedikit air. Misalnya kaktus atau tanaman berduri lainnya. Sementara hanya beberapa saja hewan yang bisa beradaptasi dan hidup di wilayah gurun. Beberapa contohnya adalah serangga dan ular.

Dari makhluk hidup yang sedikit dan bisa beradaptasi di lingkungan ini tentu membuat gurun menjadi salah satu tempat berbahaya di dunia. Nah, dibawah ini merupakan 5 gurun paling berbahaya di dunia:

1. Rub Al’ Khali di Semenanjung Arab
Inilah 5 Gurun Paling Berbahaya di Dunia, No 3 Disebut Lembah Kekelaman

Arab dikenal sebagai negara yang mempunyai suhu panas. Salah satu tempat panas berada di wilayah Arab adalah Gurun Rub Al- Khali. suhu yang dimiliki tempat ini mencapai 56 derajat Celcius.

Tidak hanya terkenal dengan panas berlebih, gurun ini juga salah satu terluas di dunia. Karena menutupi 1/3 bagian dari semenanjung Arab (meliputi Saudi Arabia, Yaman, Oman, dan Uni Emirat Arab). Karena suhu panas dan luasnya inilah yang menjadikan gurun ini paling berbahaya di dunia.

2. Gurun Gobi di Asia
Inilah 5 Gurun Paling Berbahaya di Dunia, No 3 Disebut Lembah Kekelaman

Gurun yang terkenal ini terletak di Asia Tengah yang meliputi dua negara, yakni Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia. Gurun Gobi merupakan gurun yang luasnya mencapai 1.295.000 kilometer persegi.

Gurun Gobi adalah gurun yang paling besar di Asia. Gurun ini masuk ke dalam kategori gurun yang berbahaya karena memiliki suhu yang sangat dingin. Bahkan rekor menyatakan bahwa Gurun Gobi ini merupakan tempat terdingin di dunia dengan derajat suhu yang mencapai minus 40 derajat Celcius.

3. Gurun Pasir Dasht-e Lut di Iran
Inilah 5 Gurun Paling Berbahaya di Dunia, No 3 Disebut Lembah Kekelaman

Gurun paling berbahaya di dunia selanjutnya datang dari Iran. Gurun pasir yang berbahaya ini bernama Dasht-e Lut. Nama tersebut diambil dari bahasa Persia yang mempunyai arti sebagai “lembah kekelaman”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)