5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya

Jum'at, 06 Mei 2022 - 21:42 WIB
loading...
5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya
Hewan penghasil listrik umumnya digunakan untuk berburu dan mempertahankan diri dari musuh. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Hewan penghasil listrik menjadi salah satu dari banyak spesies unik dan aneh yang hidup di dunia. Fenomena ini disebut bioelektrogenesis. Istilah tersebut menggambarkan elektrofisiologis pembangkit listrik dalam organisme yang hidup.

Beberapa hewan tersebut memiliki kemampuan menghasilkan listrik yang cukup kuat sehingga dikatakan berbahaya. Biasanya, kemampuan tersebut digunakannya untuk memburu mangsanya dan mempertahankan diri dari musuh atau ancaman.
Dilansir dari World Atlas, berikut beberapa hewan penghasil listrik yang mematikan.

1. Ikan Sinar Listrik
5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya

Jenis hewan ini merupakan ikan bertulang yang masuk dalam kelompok Torpediniformes. Diketahui ada sekitar 69 jenis dari ikan sinar listrik.

Kemampuan Electric Rays Fish ini bisa menghasilkan listrik yang dapat mengejutkan mangsanya. Juga, sebagai sistem perlindungan diri. Ikan ini mampu melepaskan listrik sekitar 8 hingga 220 volt.

2. Belut Listrik
5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya

Belut ini merupakan satu-satunya spesies dari Electrophorusgenus dan dikenal dengan kemampuannya menghasilkan listrik. Hewan ini banyak ditemui di lembah sungai air tawar Amazon dan Orinoco di Amerika Selatan.

Terlepas dari namanya, sebenarnya jenis belut ini dianggap seperti ikan pisau. Dengan tubuh silinder dan permukaan dorsal abu-abu coklat gelap serta bagian bawah berwarna kuning atau oranye. Selain itu, mulutnya berbentuk persegi di ujung moncongnya.

Belut Listrik memiliki 3 pasang organ di perutnya yang bisa menghasilkan listrik, yaitu organ utama, organ Sach, dan organ Hunter. Organ listrik tersebut terbuat dari elektrolit dan digunakan untuk mengejutkan mangsanya.

Saat belut mendeteksi mangsa, otak akan mengirim sinyal melalui saraf ke organ listriknya. Saluran ion akan dibuka dan mengalirkan aliran ion natrium yang membalikkan polaritas sesaat. Meski daya listrik yang dihasilkan tidak sebesar hewan lainnya, namun tercatat pernah terjadi kematian bagi manusia.

3. Ikan Pisau Hantu Hitam
5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya

Jenis ikan ini mendiami habitat air tawar perairan tropis di Amerika Selatan, termasuk lembah Amazon. Pemberian nama ini dikarenakan warnanya yang serba hitam kecuali pada hidung dan sebagian dari ekornya.

Apteronotus Albifrons bisa mencapai panjang maksimal sekitar 50 cm. Dia memiliki organ listrik dan elektro-reseptor yang didistribusikan ke seluruh tubuhnya. Jenis ikan ini menggunakan kemampuan elektrogenik dan elektrosensing untuk menemukan larva atau serangga sebagai makanannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)