5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya

Jum'at, 06 Mei 2022 - 21:42 WIB
loading...
A A A
Selain untuk berburu mangsa, kemampuan menghasilkan listriknya ini juga digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan juga untuk elektrolokasi.

4. Lele Listrik
5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya

Lele listrik termasuk dalam kelompok Malapteruridae yang memiliki 19 jenis berbeda. Banyak dari spesies ini yang menghasilkan listrik hingga 350 volt. Biasanya, ikan ini banyak ditemukan di daerah tropis Afrika dan Sungai Nil.

Mereka adalah nokturnal dan karnivora. Mangsanya adalah ikan asin, telur ikan, detritus dan invertebrata. Lele listrik menggunakan kemampuan listriknya untuk mengejutkan mangsanya.

Orang Mesir kuno memanfaatkan sengatan listriknya untuk mengobati nyeri artritis. Namun, yang dipilih adalah ikan yang berukuran kecil karena lele listrik dewasa bisa menghasilkan listrik yang cukup besar.

5. Ikan Northern Stargazer
5 Hewan Penghasil Listrik yang Mematikan dan Berbahaya

Jenis ikan ini dapat ditemukan di pantai timur Amerika Serikat antara New York dan North Carolina. Astroscopus guttatus dapat ditemukan di kedalaman hingga 60 meter dengan ciri-ciri tubuh coklat kehitaman dan bintik-bintik pada leher dan punggungnya.



Mulutnya menghadap ke atas dan memungkinkan untuk menyergap mangsanya secara tiba-tiba. Jenis ikan ini juga menjadi hewan penghasil listrik dengan adanya organ listrik di orbitae. Kemampuan ini digunakan untuk berburu mangsa dan mempertahankan diri.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)