3 Laut Paling Dalam di Indonesia

Selasa, 10 Mei 2022 - 07:02 WIB
loading...
3 Laut Paling Dalam di Indonesia
Tiga laut paling terdalam. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lautan yang luas, bahkan wilayah laut Indonesia lebih luas dibanding wilayah daratannya. Karena luasnya laut di Indonesia tentunya memiliki berbagai macam ukuran dan kedalaman.



Kedalaman laut di Indonesia sendiri dibagi menjadi dua bagian. Rata rata kedalaman laut di Indonesia bagian barat memiliki rata rata kedalaman 75 meter, sedangkan untuk bagian timur memiliki kedalaman 4000 meter. Dari sini sudah terlihat bukan, daerah mana saja yang memiliki laut terdalam di Indonesia.

Ini adalah 3 Laut terdalam yang dimiliki Indonesia :

1. Laut Sulawesi

Seperti namanya laut ini berada di sekitaran pulau Sulawesi. Laut Sulawesi terletak di sebelah barat Samudra Pasifik dan dibatasi oleh Kepulauan Sulu. Laut Sulawesi yang merupakan salah satu laut terdalam di Indonesia.

Laut Sulawesi merupakan jenis laut yang mempunyai bentuk basin besar, memanjang hingga 420 mil atau setara dengan 675 km dengan arah utara hingga selatan. Kemudian untuk arah timur hingga barat, laut ini mempunyai panjang mencapai 520 mil atau setara dengan 837 km.

Laut Sulawesi memiliki luas permukaan mencapai 110.000 mil persegi atau setara dengan 280.000 kilometer persegi. Dan kedalaman dari Laut Sulawesi ini mencapai 6,2 km.

2. Laut Flores

Posisi berikutnya untuk laut terdalam di Indonesia ditempati Laut Flores. Laut Flores merupakan laut yang berada di sebelah utara Pulau Flores. Laut ini juga dijadikan batas alami selang Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Provinsi Sulawesi Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2537 seconds (0.1#10.140)