Kamis, 02 Juni 2022 - 15:03 WIB
3 Hewan Ini Tidak Memiliki Penis, Laba-laba Mentransfer Sperma lewat Jaring
Ada beberapa hewan tidak memiliki penis sehingga menggunakan berbagai cara unik untuk berkembang biak, seperti laba-laba. Foto/nine.com.au
JAKARTA - Ada beberapa hewan tidak memiliki penis sehingga menggunakan berbagai cara unik untuk berkembang biak. Cara hewan yang tidak memiliki penis untuk berkembang biak memang cukup mengejutkan.

Namun, dengan cara yang tak biasa hewan yang tak memiliki penis bisa berkembang biak dengan baik. Berikut 3 hewan tanpa penis yang dirangkum SINDOnews dari laman nine.com.au, Kamis (2/6/2022).

1. Burung (unggas)
3 Hewan Ini Tidak Memiliki Penis, Laba-laba Mentransfer Sperma lewat Jaring

Beberapa burung memang memiliki penis, tetapi jumlahnya sedikit. Hanya sekitar 3 persen spesies burung yang memiliki penis. Burung jantan sebenarnya memiliki penis, namun waktunya singkat.

Pada 2013, para ilmuwan mengidentifikasi gen yang bertanggung jawab atas hilangnya penis pada burung. Kondisi ini dipengaruhi gen yang disebut Bmp4 menyebabkan sel-sel penis yang tumbuh mati lebih cepat.

Untuk berkembang biak, 97 persen burung menggunakan kloaka. Organ ini bukaan seperti yang ditemukan pada banyak hewan yang berfungsi ganda sebagai bukaan untuk saluran kemih, usus, dan reproduksi.

Burung dengan kloaka berkembang biak melalui apa yang oleh para ilmuwan disebut "ciuman kloaka". Burung jantan dan betina menyentuh kloaka mereka bersama-sama cukup lama untuk mentransfer sperma.

2. Hiu
3 Hewan Ini Tidak Memiliki Penis, Laba-laba Mentransfer Sperma lewat Jaring

Ikan hiu yang terkenal ganas ternyata tidak memiliki penis. Sebaliknya, ikan hiu jantan memiliki sepasang organ yang disebut clasper.