Terancam Punah, Membunuh Lebah di AS Bisa Masuk Penjara

Rabu, 08 Juni 2022 - 19:23 WIB
loading...
Terancam Punah, Membunuh Lebah di AS Bisa Masuk Penjara
Membunuh Lebah di Amerika Serikat bisa berujung masuk penjara. FOTO/ BBC
A A A
CALIFORNIA - Pengadilan banding di California baru-baru ini memutuskan lebah bisa berhak mendapatkan perlindungan sebagai hewan yang terancam punah seperti halnya ikan dan burung.

Seperti dilansir dari Unilad, keputusan tersebut, yang dikeluarkan pada 31 Mei, membalikkan penilaian sebelumnya bahwa lebah yang ditemukan tidak dapat dianggap terancam punah di bawah California Endangered Species Act.


Sebelumnya pengadilan yang lebih rendah memutuskan mendukung kepentingan pertanian dengan berargumen bahwa Undang-Undang Spesies Terancam Punah negara bagian hanya melindungi burung, mamalia, ikan, amfibi, reptil termasuk tanaman dan bukan lebah.

Hasil terbaru adalah kemenangan bagi kelompok lingkungan serta Komisi Ikan dan Margasatwa negara bagian yang bersikeras mendaftarkan empat spesies lebah sebagai serangga yang terancam punah.

Pengadilan juga mengizinkan komisi untuk memasukkan spesies invertebrata seperti lebah sebagai spesies yang terancam punah meskipun mereka bukan hewan air.

Lebah yang memiliki ciri khas bercak kemerahan mencolok pada bagian perut dan berbulu bercorak karat itu pernah berkembang di 28 negara, terutama di Amerika bagian Tengah dan Timur Laut, dari South Dakota ke Connecticut, dan di provinsi-provinsi di Kanada seperti Ontario dan Quebec.

Sekarang hanya sebagian kecil, populasi yang tersebar tetap di 13 negara bagian dan Ontario, ujar Badan Perikanan dan Margasatwa AS itu.

Lembaga tersebut pada September 2016 mencatat tujuh spesies lebah Wajah Kuning, atau bertopeng, di Hawaii ke dalam status terancam punah.

Tapi Bombus affinis adalah spesies lebah pertama yang diberikan status tersebut, dan lebah liar pertama dari jenis apapun untuk dicatatkan terancam punah di 48 negara bagian.

Lebah jenis ini berbeda dari jenis lebah madu yang biasa dijinakkan. Bombus affinis merupakan penyerbuk penting bagi bunga-bunga liar bahkan sekitar sepertiga dari semua tanaman di AS mulai dari blueberry hingga tomat, ujar lembaga Xerces Society for Invertebrata Conservation, yang mengajukan petisi pemerintah untuk perlindungan bagi serangga.

Para ilmuwan mengingatkan pemerintah dengan menunjuk pestisida tingkat tertentu yang disebut neonicotinoids, yang banyak digunakan pada tanaman , rumput, taman dan hutan, sebagai ancaman tertentu untuk lebah karena mereka diserap ke seluruh sistem tanaman, termasuk jaringan daun, nektar dan serbuk sari.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)