Foto Paling Istimewa di Dunia Sains karena Abadikan Para Pemilik Kecerdasan Luar Biasa

Sabtu, 11 Juni 2022 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Ilmuwan ini berhasil meraih tiga Nobel. Dia merupakan sosok yang memperkenalkan Paul Dirac pada teori kuantum.

- Leon Nicolas Brillouin

Leon Nicolas Brillouin secara praktis menemukan fisika keadaan padat (zona Brillouin) dan membantu mengembangkan teknologi yang menjadi komputer yang kita gunakan saat ini.

- Peter Debye

Dia merupakan pelopor penggunaan momen dipol untuk molekul asimetris dan memperluas teori panas spesifik Einstein ke suhu rendah dengan memasukkan fonon berenergi rendah.

- Martin Knudsen

Martin Knudsen berhasil menghidupkan kembali teori kinetik gas Maxwell, terutama pada tekanan rendah: aliran Knudsen, bilangan Knudsen, dan lain-lain.

- William Lawrence Bragg

William Lawrence Bragg dianugerahi hadiah Nobel untuk fisika bersama dengan ayahnya Sir William Henry Bragg untuk pekerjaan mereka pada analisis struktur kristal menggunakan difraksi sinar-X.

- Hendrik Kramers

Hendrik Kramers adalah sarjana asing pertama yang bekerja untuk Niels Bohr. Dia menjadi asistennya dan membantu mengembangkan apa yang dikenal sebagai Institut Bohr, di mana dia bekerja pada teori dispersi.

- Paul Dirac

Paul Dirac datang dengan formalisme yang menjadi dasar mekanika kuantum. Pada tahun 1928, ia menemukan fungsi gelombang relativistik untuk elektron yang memprediksi keberadaan antimateri, sebelum benar-benar diamati.

- Arthur Holly Compton

Arthur Holly Compton membayangkan bahwa sinar-X bertabrakan dengan elektron seolah-olah mereka adalah partikel relativistik, sehingga frekuensinya bergeser sesuai dengan sudut defleksi (hamburan Compton).

- Louis de Broglie

Louis de Broglie menemukan bahwa setiap partikel memiliki sifat seperti gelombang, dengan panjang gelombang berbanding terbalik dengan momentumnya.

- Max Born

Max Born lahir di Jerman pada 11 Desember 1882. Ia dikenal sebagai fisikawan dan ahli matematika yang pernah meraih hadiah Nobel. Pada tahun 1954, Born menemukan sebuah teori yang berhubungan dalam bidang mekanika kuantum.

- Irvin Langmuir

Irving Langmuir ialah kimiawan Amerika Serikat yang terkenal dalam mengembangkan teori ikatan berdasarkan jumlah elektron di kulit valensi terluar atom. Sebagai seorang peneliti yang pionir buat General Electric Company, Irving Langmuir membuat sumbangan ilmiah dalam ilmu kimia, fisika, dan atmosfer.

- Max Planck

Max Karl Ernst Ludwig Planck adalah seorang fisikawan Jerman yang banyak dilihat sebagai penemu teori kuantum. Lahir di Kiel, Planck memulai karier fisikanya di Universitas München pada tahun 1874, lulus pada tahun 1879 di Berlin

- Niels Bohr

Niels Bohr adalah penemu awal konsep mekanika kuantum untuk model atom. Niels Bohr punya peranan penting dalam pengembangan bom atom dengan pendapatnya yang mengatakan isotop uranium yang terlibat dalam pembagian nuklir adalah U23.

- Marie Curie

Marie Curie adalah ilmuwan perempuan pertama yang meraih Nobel. Dia juga merupakan ilmuwan pertama yang mendapatkan penghargaan sama di dua disiplin ilmu berbeda. Marie Curie bisa dikatakan ilmuwan perempuan yang paling popular di dunia.

- Hendrik Lorentz

Hendrik Lorentz adalah fisikawan Belanda yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisika bersama dengan Pieter Zeeman pada 1902.

- Albert Einstein

Albert Einstein merupakan ilmuwan yang sangat popular di dunia. Dia mengembangkan teori relativitas yang sangat ikomnik. Teori itu merupakna satu dari dua pilar utama mekanika kuantum moderen.

- Paul Langevin

Paul Langevin adalah seorang fisikawan Prancis yang mengembangkan dinamika Langevin dan persamaan Langevin. Dia juga dikenal sebagai penemu sonar bawah laut guna mendeteksi kapal selam.

- Charles Eugene Guye

Charles Eugene Guye adalah seorang ahli fisika Swiss. Dia aktif mebuat 200 makalah fisika dan beberapa buku populer. Termasuk karya-karya filosofis tentang dasar evolusi biologis-fisik-kimia dan batasan fisika dan biologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0840 seconds (0.1#10.140)