Mengulik Harta Karun Kuburan Pria Varna, Ada Pelindung Penis dari Emas

Rabu, 15 Juni 2022 - 06:00 WIB
loading...
Mengulik Harta Karun Kuburan Pria Varna, Ada Pelindung Penis dari Emas
Pria Varna jadi sorotan karena dikuburkan dengan berbagai perlengkapan emas. Termasuk yang paling unik, pelindung penis dari emis. Foto/IST
A A A
BULGARIA - Penemuan kota kematian atau nekropolis Varna yang di Bulgaria pernah mengagetkan banyak orang. Komplek kuburan Zaman Tembaga itu sangat unik karena bertabur emas dalam jumlah besar bak harta karun .

Salah satu yang spesial adalah milik seorang pria yang dikuburkan dengan gaya berbeda. Saking spesialnya kuburan itu, pria tersebut diberi nama Pria Varna.

Saat nekropolis itu ditemukan pada Oktober 1972 setidaknya tercatat ada 43 kuburan di Varna. Seperti kuburan Pria Varna, puluhan kuburan lainnya juga berisi banyak emas. Tidak heran jika situs Ancient Origins menyebut puluhan kuburan di Varna itu merupakan kuburan termewah di Zaman Tembaga atau di zaman ke-5 Sebelum Masehi.

Bayangkan saja, dari seluruh kuburan itu National Geographic menyebutkan terdapat 22.000 artefak dan 3.000 barang dari emas yang total beratnya mencapai 6 kilogram. Fantastis bukan?

Baca juga : Kura-kura Raksasa Pulau Fernandina yang Punah 1 Abad Lalu Ternyata Punya Keturunan di Galapagos

Mengulik Harta Karun Kuburan Pria Varna, Ada Pelindung Penis dari Emas


Dari seluruh kuburan itu milik Pria Varna adalah yang paling mewah. Berbeda dengan yang lainnya, Pria Varna dikuburkan dengan berbagai barang istimewa.

Situs Smithsonian Magazine meyebutkan beberapa perhiasan emas terdapat di kuburan Pria Varna. Misalnya gelang emas, kalung yang terbuat dari manik-manik emas, liontin emas yang berat, dan piringan emas halus.

Yang paling menarik justru adalah hadirnya kapak yang seperti sebuah tongkat kerajaan dari emas pelindung penis yang seluruhnya terbuat dari emas. Hingga kini tidak diketahui mengapa Pria Varna dilengkapi dengan pelindung emas di bagian penis.

Hanya saja diduga Pria Varna mendapatkan banyak perhiasan karena statusnya yang sangat tinggi di masanya. Dia diyakini merupakan pemimpin tertinggi dan memiliki kekuatan spritual yang kuat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1182 seconds (10.101#12.26)