2 Gletser Besar yang Jika Mencair Menjadi Ancaman Nyata Penduduk Bumi

Jum'at, 17 Juni 2022 - 16:29 WIB
loading...
2 Gletser Besar yang Jika Mencair Menjadi Ancaman Nyata Penduduk Bumi
2 gletser besar yang jika mencair jadi ancaman nyata bumi. FOTO/ IST
A A A
NEW DELHI - 2 gletser besar di bumi yang keadaannya sangat terancam akibat pemasan global dan perubahan iklim. Para ilmuwan berpendapat jika 2 gletser ini mencair akan picu bencana besar bumi.



Gletser adalah sebuah bongkahan atau endapan es yang besar dan tebal yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akibat akumulasi endapan salju atau es yang mengeras.

Meskipun banyak orang yang mengira gletser selalu ada di daerah kutub, sesungguhnya mereka juga bisa berada di daerah pegunungan tinggi di seluruh benua, kecuali Australia, bahkan juga terdapat di pegunungan tinggi di daerah dekat khatulistiwa.

Berikut gletser besar di bumi yang terancam mencair

1. Gletser Ceruk

Gletser di Ceruk Selatan (South Col) Gunung Everest habis mencair karena krisis iklim. Padahal es itu butuh waktu 2.000 tahun untuk terbentuk.

South Col Gunung Everest diyakini merupakan gletser atau glacier tertinggi yang ada di dunia. Berada di titik ketinggian 7.900 meter, South Col atau Ceruk Selatan merupakan pintu masuk favorit para pendaki yang ingin mencapai Gunung Everest.

Penelitian menunjukkan bahwa es yang akan hilang akan mencapai kedalaman 55 meter. Mencairnya es di South Col akan membuat pintu masuk itu tidak lagi mudah. Hilangnya es tersebut membuat jalur dari South Col berubah dari es menjadi bebatuan tajam.

Namun yang lebih parah adalah dampak lainnya pada lingkungan. Paparan ekstrem terhadap radiasi matahari akan meningkat drastis. Tidak ada lagi gletser yang dapat memantulkan radiasi matahari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3287 seconds (0.1#10.140)