2 Gletser Besar yang Jika Mencair Menjadi Ancaman Nyata Penduduk Bumi

Jum'at, 17 Juni 2022 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Hilangnya es di Ceruk Selatan terungkap dalam sebuah laporan ilmiah yang ada di Nature Portfolio Journal Climate and Atmospheric Science. Laporan itu melibatkan ilmuwan dan pendaki. Enam dari mereka merupakan ilmuwan dari University of Maine, Amerika Serikat.

2. Gletser Himalaya

Gletser Himalaya adalah sebuah barisan pegunungan di Asia, yang memisahkan anak Benua India dari Dataran tinggi Tibet.

Himalaya merupakan tempat gunung-gunung tertinggi di dunia, misalnya Gunung Everest dan Kangchenjunga berada.

Himalaya memanjang sepanjang lima negara — Afganistan, Pakistan, India, Tiongkok, Bhutan, Nepal,dan Myanmar. Ia adalah sumber dua sistem sungai besar dunia — Sungai Indus dan Sungai Ganga-Brahmaputra. Sekitar 750 juta orang tinggal di daerah sekitar aliran air dari Himalaya, termasuk Bangladesh.

Dan kini kondisinya sangat terancam, Para aktivis dan penulis lokal juga menyalahkan pembangunan yang intensif di sepanjang sungai Uttarakhand dan kawasan pegunungan.

Akibatnya, kestabilan wilayah Himalaya yang secara ekologis terganggu mengakibatkan peristiwa cuaca yang lebih ekstrem.

Ada 550 proyek bendungan dan pembangkit listrik tenaga air di negara bagian Uttarakhand dengan 152 proyek bendungan besar. Lokasinya berada di daerah yang terkena banjir bandang kemarin.

Sedangkan, 58 proyek terdapat di sepanjang sungai dan anak sungainya selain sebuah jalan baru juga sedang dibangun menuju pegunungan untuk memudahkan akses bagi wisatawan ke kuil Kedarnath yang terkenal di Uttarakhand.

Gletser terbesar di atas adalah dua dari ribuan gletser uang ada di dunia, para ilmuwan memprediksi jika dua gletser ini cair maka bencana akan melanda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)