5 Sungai yang Semakin Mengering di Dunia Karena Penggunaan Berlebihan

Kamis, 23 Juni 2022 - 10:50 WIB
loading...
A A A
Dalam pelaksanaannya, sistem tersebut tidak efisien. Selang beberapa dekade, Sungai Amu Darya telah kehilangan banyak sumber airnya sehingga tidak bisa lagi mencapai Laut Aral.

3. Sungai Rio Grande

Sungai Rio Grande adalah salah satu yang terbesar di Amerika Utara. Sungai sepanjang 1.885 mil atau sekitar 3.033 kilometer ini mengalir dari barat daya Colorado ke Teluk Meksiko.

Sayangnya, eksistensi Sungai Rio Grande perlahan meredup. Alasannya karena penggunaannya yang terlalu banyak. Terutama di sebagian besar perbatasan Texas dan Meksiko.

Selain itu, kurang dari seperlima aliran sungainya yang mencapai teluk. Bahkan, pada awal tahun 2000-an, sungai Rio Grande telah gagal mencapai pantai sepenuhnya.

Disamping itu, keadaan diperburuk dengan perubahan iklim yang terjadi. Akibatnya, sungai mengalami kekeringan dengan persediaan air yang semakin menyusut.

Bacaa juga : 5 Sungai Paling Menyeramkan di Dunia, Nyawa Taruhannya

4. Sungai Indus

Sungai Indus merupakan sumber utama air tawar warga Pakistan. Air sungai ini dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, pertanian, hingga industri tertentu. Tercatat, sekitar 90 persen kegiatan pertanian Pakistan bergantung pada Sungai Indus ini.

Awalnya, Sungai Indus adalah salah satu sungai terbesar di dunia. Namun, dengan eksploitasi terus menerus secara berlebihan, perlahan aliran sungai ini tidak lagi mencapai laut di Pelabuhan Karachi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3302 seconds (0.1#10.140)