Sadisnya Pembunuhan Berantai Paus Orca Terhadap Hiu Putih, Mengincar Hati dan Jatung

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:24 WIB
loading...
Sadisnya Pembunuhan Berantai Paus Orca Terhadap Hiu Putih, Mengincar Hati dan Jatung
Seekor hiu putih besar terdampar di pantai Gansbaai, Afrika Selatan, setelah dua paus orca membunuhnya dan memakan hatinya. Foto/Marine Dynamics/ Dyer Island Conservation Trust/Live Science
A A A
CAPE TOWN - Dua paus orca , Port dan Starboard, telah membantai setidaknya 8 hiu putih besar sejak 2015 di perairan lepas Afrika Selatan. Sepasang orca jantan (Orcinus orca) itu telah membantai dan mencabik-cabik tubuh hiu putih yang terkenal ganas.

Paus Orca bukan sekadar membunuh hiu putih yang bertubuh besar, tapi juga memakan hati dan jantungnya. Fenomena mengerikan seperti ini tidak biasa ditunjukkan paus orca, yang sudah dikenal kerap memangsa segala hewan mulai dari ikan kecil hingga hiu kekar, singa laut, dan bahkan paus biru.

Kehadiran dua paus orca di dekat pantai Gansbaai, Afrika Selatan, penampakan hiu putih besar telah menurun secara dramatis dalam 5 tahun terakhir. Padahal wilayah pantai Gansbaai selama ini dikenal sebagai habitat yang didominasi hiu putih besar.

Baca juga; Predator Terbesar di Dunia, Hiu Putih Ternyata Pemalu dan Cerdas

“Semakin sering orca mengunjungi situs-situs ini, semakin lama hiu putih besar menjauh. Apa yang kita saksikan ini adalah strategi penghindaran skala besar,” kata Alison Towner, seorang ahli biologi yang mempelajari hiu putih di Dyer Island Conservation Trust di Afrika Selatan, dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (30/6/2022).

Pantai Gansbaai terletak sekitar 120 km sebelah timur Cape Town. Menurut para penelitian, kehadiran hiu putih besar sepanjang tahun membuat pantai Gansbaai menjadi tujuan wisata populer bagi pengamat hiu.

Hiu putih besar punya ukuran tubuh, panjang 4,9 meter dan memiliki hingga 300 gigi bergerigi seperti pisau, ini adalah salah satu predator mengerikan di air. Namun mulai tahun 2015, hiu putih di pantai Gansbaai menemukan tandingannya ketika sepasang orca jantan dewasa datang.

Baca juga; Ikan Hiu Putih Mengenal Gaya Hidup Sosialita, Berkumpul di Klub Lepas Pantai Meksiko

Kehadiran paus orca mudah dikenali dari bekas luka dari perkelahian dengan hiu putih. Tampak sirip punggung ikan paus bengkok ke kanan, sementara yang lain bengkok ke kiri. Fitur-fitur ini mengilhami pengamat paus lokal untuk menjuluki Orcas Port dan Starboard. Tak lama setelah pengamat paus melihat keduanya di pantai Gansbaai, seekor hiu putih besar terdampar mati di pantai.
Sadisnya Pembunuhan Berantai Paus Orca Terhadap Hiu Putih, Mengincar Hati dan Jatung


Antara 2016 dan 2017, lima hiu putih lagi ditemukan mati, bahkan empat di antaranya dengan tubuh robek dan organ hati rusak. Setiap kematian hiu putih berhubungan dengan penampakan Port dan Starboard di daerah tersebut. Sementara angka pembunuhan resmi yang dicatat sebanyak delapan hiu putih, masih banyak dari bangkai hiu putih yang belum ditemukan karena hilang ke laut.

Apa yang mendorong paus pembunuh ini datang ke pantai Gansbaai masih menjadi misteri. Meskipun ganas, paus orca biasanya tidak memangsa hiu putih besar. “Kemunculan paus orca yang tiba-tiba di pantai Gansbaai bisa jadi terkait dengan penurunan populasi mangsa, termasuk ikan dan hiu, yang menyebabkan perubahan siklus hidup," kata Towner.

Baca juga; Viral, Ilmuwan Rekam Paus Orca Bunuh Paus Biru dan Memakan Lidahnya
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1787 seconds (11.97#12.26)