Terkecil di Dunia, Panjang Hiu Lentera Kerdil Hanya 8 Cm

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:24 WIB
loading...
Terkecil di Dunia, Panjang Hiu Lentera Kerdil Hanya 8 Cm
Hiu lentera kerdil tinggal di laut dalam, juga memiliki fotofor atau organ yang menghasilkan cahaya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Hiu lentera kerdil atau Etmopterus Perryi adalah hiu terkecil di dunia. Panjangnya cuma 8 cm, sehingga sering disebut hiu kerdil atau hiu lentera. Bandingkan dengan hiu paus (Rhincodon typus), ikan berukuran jumbo yang panjangnya bisa mencapai 12 meter.

Ada hampir 500 spesies hiu yang teridentifikasi di lautan. Sayangnya, populasi hiu di dunia terus berkurang karena overfishing (pengambilan stok ikan berlebihan). Sepertiga jenis hiu menurut penelitian di 2021 sudah diambang kepunahan. Bahkan, menurut studi di 2013, ada 100 juta hiu terbunuh setiap tahunnya.

Salah satu hiu yang juga diambang kepunahan adalah Etmopterus Perryi atau hiu terkecil di dunia. Hiu ini memiliki panjang maksimal hanya 21 cm, dengan berat 900 gram. Sama seperti sebuah ponsel. Kepalanya sangat besar, mencapai seperlima bagian tubuh. Hiu itu memiliki 32 gigi di rahang atas dan 34 gigi di rahang bawah.

Etmopterus Perryi juga punya ciri khusus. Yakni memiliki mata besar dan bulat, yang membantu mereka melihat dalam kegelapan laut dalam tempat mereka tinggal. Hiu lentera ini juga juga memiliki belalai pendek, serta dua sirip di atas tubuh mereka yang saling berdekatan. Keduanya dengan duri berlekuk di depan.

Terkecil di Dunia, Panjang Hiu Lentera Kerdil Hanya 8 Cm

Sepintas hiu lentera kerdil memang tidak terlihat seperti ikan hiu. Foto: ist

Hiu lentera kerdil juga memiliki ekor kecil, sedikit membulat dengan lekukan di bawahnya. Mereka juga tidak memiliki sirip dubur. Sisik mereka memiliki pola acak, namun hiu lentera kerdil cenderung memiliki warna coklat tua dengan tanda hitam di sepanjang tubuh bagian bawahnya. Ekor mereka juga memiliki pita dan bercak hitam.

Para ilmuwan menyebut hiu lentera berkembang biak dengan cara vivipar aplasenta. Jadi, anak-anak mereka tumbuh di dalam telur. Namun, hiu lentera kerdil betina tidak bertelur. Sebaliknya, menyimpan telurnya di dalam tubuh mereka sampai menetas. Ketika saatnya tiba, hiu lentera melahirkan anak-anak mereka.

Biasanya, hiu lentera kerdil melahirkan 2 atau 3 anak sekaligus, dengan ukuran 5,5 cm hingga 6 cm. Hiu lentera kerdil memiliki kerabat yang lebih terkenal, hiu lentera perut beludru.

Ini karena tubuhnya memiliki warna hitam beludru. Konon, mereka tumbuh lebih besar dari hiu lentera kerdil, dengan panjang hingga 45 cm. Biasanya hiu jenis ini hidup di Samudra Atlantik dari Islandia dan Norwegia di utara, hingga Gabon dan Afrika Selatan di selatan.

Terkecil di Dunia, Panjang Hiu Lentera Kerdil Hanya 8 Cm

Keunikan hiu lentera kerdil adalah cara berburunya yang sangat berbeda dibandingkan hiu lainnya. Ini karena mereka tinggal di laut dalam, yang hanya menerima sedikit cahaya dari permukaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2917 seconds (0.1#10.140)